PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF BELAJAR BERHITUNG BERBASIS MULTIMEDIA PADA TK-IT AL WASHLIYAH KLAMBIR LIMA HAMPARAN PERAK

Barany Fachri, H Hendry

Abstract


Abstract - Education plays a role in the intellectual life of the nation. So that in this case the need for a technology to improve the quality of a school. This study discusses the design of interactive animation of learning to count for children at TK-IT AL Washliyah Klambir Lima Hamparan Perak. The main purpose of designing this learning media is to make new innovations in the teaching and learning process in schools especially students to be more interesting, fun, effective, and not waste a lot of energy for teachers to teach.

Keywords - Design, Animation, new innovation, interesting and fun, Adobe Flash, Multimedia.

 

Abstrak - Pendidikan sangat  berperanan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sehingga dalam hal ini diperlukannya suatu teknologi untuk meningkatkan mutu suatu sekolah. Penelitian ini membahas mengenai perancangan animasi interaktif belajar berhitung untuk anak pada TK-IT AL Washliyah Klambir Lima Hamparan Perak. Tujuan utama perancangan media pembelajaran ini adalah untuk membuat inovasi baru dalam proses belajar mengajar di sekolah khususnya siswa/i  agar lebih menarik, fun, efektif, serta tidak membuang banyak tenaga bagi para guru untuk mengajar.

Kata Kunci - Perancangan, Animasi, inovasi baru, menarik dan fun, Adobe Flash, Multimedia.


Full Text:

PDF

References


Anugerah Putri Weni Tria dan Hariani Sri. Penggunaan Media Film Kartun Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita di Sekolah Dasar. Surabaya. Jurnal Penggunaan Media Film Kartun Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak.

Ariyanti Sri dan Mesriati Titik. 2016.Perancangan Aimasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna. Bekasi. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI volume I1. ISSN 2442-2436. Hal.116-121.

Madcoms, 2013.Pasti Bisa Belajar Sendiri AdobeFlash ProCS6. Andi : Yogyakarta. Slametriyanto. 2014.Sejarah Flash.

Maryani Dwi. 2014. Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika Surakarta. Jurnal Speed Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi. Vol 6 No 2-2014. Hal 14-24.

Teguh Wahyono, 2006, 36 Jam Belajar Komputer Animasi dengan Adobe Flash CS 3.Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Suyanto, M. 2003. Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing, Jakarta : Andi

Rachmawati. Y. 2008. Bahan ajar diklat pendidik anakusia dini; Matematika untuk anak usia dini.Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v3i1.690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI



JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License