PENERAPAN SISTEM ANTRIAN SEBAGAI UPAYA PENGOPTIMALKAN PELAYANAN TERHADAP PASIEN PADA LOKET PENGAMBILAN OBAT DI RSI. IBNU SINA PASAMAN BARAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE MONTE CARLO

Novi Trisna, Wifra Safitri, Mutia Pratiwi

Abstract


Abstract - Queue is an activity that is often encountered not only in commercial activities, even RSI. Ibnu Sina Pasaman Barat engaged in services for the community also experienced the same thing. This needs to be considered and handled properly by the manager by taking anticipatory actions, because if it is not immediately resolved, then the community can feel unsatisfied with the services provided. Related to these problems, this study was conducted with the aim to determine the effectiveness of the number of counters at the time of service and make a simulation model of the drug collection queue system at the RSI drug collection counter. Ibnu Sina Pasaman Barat to get alternative system improvements, where the simulation model was made using PHP and MySQL. The simulation model made can provide information about the number of people served and the average waiting time of a particular time unit. From the analysis carried out on the simulation model, the alternative improvements that can be proposed are by setting the Monte Carlo method queue model as the queue model that will be used. From the results of the analysis carried out and by implementing it into PHP and MySQL the queue model of the Monte Carlo method is more optimal and efficient. It is seen from the average waiting time in the system to be served at the RSI drug collection counter. Ibnu Sina Pasaman Barat.

Keywords - Queues, Simulation, Monte Carlo

 

Abstrak - Antrian merupakan kegiatan yang kerap kali dijumpai bukan hanya pada kegiatan-kegiatan komersial, bahkan RSI. Ibnu Sina Pasaman Barat yang bergerak dibidang pelayanan bagi masyarakat juga mengalami hal yang sama. Hal ini perlu diperhatikan dan ditangani dengan baik oleh pengelola dengan melakukan tindakan-tindakan antisipasi, karena jika tidak segera terselesaikan, maka masyarakat bisa merasa tidak terpuaskan dengan pelayanan yang diberikan. Terkait dengan permasalahan tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifitas jumlah loket pada saat pelayanan dan membuat model simulasi dari sistem antrian pengambilan obat di loket pengambilan obat RSI. Ibnu Sina Pasaman Barat untuk mendapatkan alternatif-alternatif perbaikan sistem, dimana model simulasinya dibuat dengan menggunakan PHP dan MySQL.Model simulasi yang dibuat dapat memberikan informasi mengenai jumlah masyarakat yang dilayani dan rata-rata waktu tunggu masyarakat satuan waktu tertentu. Dari analisa yang dilakukan terhadap model simulasi, alternatif perbaikan yang dapat diusulkan yaitu dengan menetapkan model antrian metode monte carlo sebagai model antrian yaang akan digunakan. Dari hasil analisa yang dilakukan dan dengan mengimplementasikan kedalam PHP dan MySQL model antrian metode monte carlo lebih optimal dan efisien digunakan dilihat dari rata-rata waktu tunggu  dalam sistem untuk dilayani pada loket pengambilan obat RSI. Ibnu Sina Pasaman Barat.

Kata Kunci - Antrian, Simulasi, Monte Carlo

Full Text:

PDF

References


Ramadhan, Fadillah, dkk, 2014. Pemodelan dan Simulasi Berbasis Agen untuk Sistem Industri Kuliner. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional. Vol. 01. No. 03. ISSN : 2338-5081

Susanti, Ida, dkk. 2015. Analisis Perbaikan Sistem Antrian Pelanggan Skin Care XYZ Dengan Menggunakan Model Simulasi. Seminar Nasional IENACO. ISSN : 2337-4349.

Arwindy, Faradhika, dkk. 2014. Analisis dan Simulasi Sistem Antrian Pada Bank ABC. Saintia Matematika. Vol. 2. No. 2.

Sembiring, Alpianus. 2015. Perancangan Simulasi Penjualan Barang Dengan Metode Monte Carlo (Studi Kasus : Koperasi Karyawan Tenera Unit Sei Kopas). Pelita Informatika Budi Darma. Vol. IX, No : 3, ISSN : 2301-9425.

Ayu, Raja Mahesa, dkk. 2017. Pemodelan Dan Simulasi Sistem Antrian Pelayanan Pelanggan Menggunakan Metode Monte Carlo Pada PT Pos Indonesia (Persero) Padang. Jurnal Ilmu Komputer. ISSN : 2579-3918.




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v3i1.681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI



JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License