Implementasi Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Algoritma Welch Powell
Abstract
Penjadwalan mata kuliah merupakan tantangan yang kompleks dalam pengelolaan Program Studi Informatika di Universitas Katolik Darma Cendika. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini menerapkan algoritma Welch Powell yang didasarkan pada pewarnaan graf untuk menyusun jadwal mata kuliah secara efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan jadwal yang efektif dan efisien, menghindari konflik antara mata kuliah, dan optimal dalam penggunaan sumber daya. Pada penelitian ini matakuliah direpresentasikan sebagai simpul dan ketersediaan dosen pengampu direpresentasikan sebagai siei yang menghubungkan mata kuliah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan algoritma Welch Powell pada penjadwalan mata kuliah di Program Studi Informatika UKDC berhasil menghasilkan jadwal yang efektif dan efisien. Jadwal tersebut menghindari adanya konflik antara mata kuliah, sehingga memungkinkan mahasiswa untuk mengambil mata kuliah yang diinginkan tanpa adanya tumpang tindih. Selain itu, penggunaan algoritma Welch Powell juga membantu dalam pengelolaan optimal sumber daya yang ada.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
R. F. Sari, F. Rakhmawati, and Nur Lela, “Implementasi Pewarnaan Graf Menggunakan Metode Algoritma Tabu Search Pada Penjadwalan Kerja Perawat,” G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, vol. 7, no. 1, pp. 298–304, 2023, doi: 10.33379/gtech.v7i1.2021.
V. Sagala and F. M. Sari, “Optimasi Pengaturan Lalulintas Raya Gedangan dengan Penerapan Algoritma Welch-Powel dan Bilangan Khromatik,” Limits: Journal of Mathematics and Its Applications, vol. 15, no. 1, p. 79, 2018, doi: 10.12962/limits.v15i1.3370.
F. Aryanto and C. E. Siahaan, “Implementasi Algoritma Welch Powell dalam Penentuan Tempat Wisata di Kota Jambi,” Multi Proximity: Jurnal Statistika Universitas Jambi, vol. 1, no. 1, pp. 21–39, 2022.
L. Maro and L. K. S. Purab, “Penerapan Konsep Pewarnaan Graf dalam Penyusunan Jadwal Perkuliahan Menggunakan Metode AlgoritmaWelch-Powell pada Program Studi Teknik InformatikaFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tribuana Kalabahi,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP), vol. 7, no. 6, pp. 193–197, 2021, doi: 10.5281/zenodo.5574383.
Y. V. Ermanto and Y. Finsensia Riti, “Perbandingan Implementasi Algoritma Welch-Powell Dan Recursive Largest First Dalam Penjadwalan Mata Kuliah,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 4, no. 1, pp. 204–212, 2022, doi: 10.47233/jteksis.v4i1.402.
Roudhotul Jannah and Nurwiani, “Kajian Penerapan Algoritma Welch-Powell Pada Permasalahan Penjadwalan Pelajaran di SMK,” pp. 574–585, 2019.
R. M. Rohmawati, M. I. A. Fathoni, and I. Ismanto, “Penerapan Algoritma Welch-Powell Pada Penyusunan Jadwal Perkuliahan di Program Studi Pendidikan Matematika,” Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, vol. 10, no. 2, pp. 200–210, 2022, doi: 10.34312/euler.v10i2.16649.
P. S. Wicaksono and K. Kartono, “Analisis Penjadwalan Mata Pelajaran Menggunakan Algoritma Welch-Powell,” Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, vol. 3, no. 1, pp. 1–21, 2020, doi: 10.33503/prismatika.v3i1.1008.
F. R. Augusty, Y. F. Riti, and S. T. Herawan, “Penerapan Algoritma Welch-Powell Dalam Pewarnaan Graf Menentukan Menu Makan Siang Karyawan,” vol. 3, no. 1, pp. 58–65, 2023.
D. Handayani, E. Rosely, and P. Mayadewi, “Aplikasi Penjadwalan Mata Pelajaran Dengan Pewarnaan Graf Menggunakan Algoritma Welch Powell Studi Kasus : Kelas XMIPA SMA Negeri 8 Bandung.”
DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v8i1.4164
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :
JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)
Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.
Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224 – Sumatera Utara
Telp/WA : 082370952109 - 081268777854
E-Mail : jurtischolar@gmail.com
JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License