Implementasi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Sekolah Menengah Kejuruan Tata Boga Berbasis Android

Ivan Despriaryandi, Yuli Asriningtias

Abstract


Berdasarkan data Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, di Indonesia terdapat 14.265 Sekolah Menengah Kejuruan bidang Tata Boga (SMK). Dengan banyaknya jumlah SMK tersebut, metode pembelajaran yang dilakukan masih didominasi menggunakan metode konvensional. Sementara teknologi pembelajaran saat ini telah menerapkan teknologi AR (Augmented Reality). Tentu hal ini menjadi sebuah peluang untuk menerapkan teknologi tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan membangun aplikasi Augmented Reality berbasis Android yang memungkinkan siswa berinteraksi dengan objek tiga dimensi secara real time. Metode penelitian yang dilakukan meliputi: analisis persyaratan, desain, implementasi dan pengujian. Hasil penelitian berupa program aplikasi Augmented Reality khusus untuk Sekolah Menengah Kejuruan bidang Tata Boga, diharapkan penerapan Augmented Reality membawa nilai tambah dalam pengajaran di SMK bidang Tata Boga dan membuka peluang untuk mengembangkan materi pembelajaran yang lebih menarik.

Keywords


3D, Augmented Reality, Tata Boga dan Android.

Full Text:

PDF

References


M. Billinghurst, A. Clark, and G. Lee, “A survey of augmented reality,” Found. Trends Human-Computer Interact., vol. 8, no. 2–3, pp. 73–272, 2014, doi: 10.1561/1100000049.

W. Friedrich, “ARVIKA-augmented reality for development, production and service,” Proc. - Int. Symp. Mix. Augment. Reality, ISMAR 2002, pp. 3–4, 2002, doi: 10.1109/ISMAR.2002.1115059.

O. Schreer, P. Kauff, and T. Sikora, “3D Videocommunication: Algorithms, Concepts and Real-Time Systems in Human Centred Communication,” 3D Videocommunication Algorithms, Concepts Real-Time Syst. Hum. Centred Commun., p. 14, 2006, doi: 10.1002/0470022736.

R. Zulkarnaen, “Aplikasi Augmented Reality Dengan Metode Marker Basedtracking Untuk Memvisualisasikan Gedung-Gedung Pada Kampus Ii Universitas Islam,” Augment. Real. Apl. Dev., p. 9, 2015.

M. R. Mubaraq, H. Kurniawan, and A. Saleh, “Implementasi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Buah-buahan Berbasis Android,” It (Informatic Tech. J., vol. 6, no. 1, p. 89, 2018, doi: 10.22303/it.6.1.2018.89-98.

F. W. R. A. Aprian Karisman, “Aplikasi Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Perangkat Keras Komputer Berbasis Android,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 18–30, Sep. 2019.

K. Agus Kamiana, M. Windu, A. Kesiman, and G. A. Pradnyana, “Pengembangan Augmented Reality Book Sebagai Media Pembelajaran Virus Berbasis Android,” 2019.

S. Saputri and A. J. P. Sibarani, “Implementasi Augmented Reality Pada Pembelajaran Matematika Mengenal Bangun Ruang Dengan Metode Marked Based Tracking Berbasis Android,” Komputika J. Sist. Komput., vol. 9, no. 1, pp. 15–24, Apr. 2020, doi: 10.34010/komputika.v9i1.2362.

A. Harahap and A. Sucipto, “Pemanfaatan Augmented Reality (AR) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android.”

M. Alfiansyah, P. Pradipta, W. Aribowo, Y. Fransisca, I. Gusti, and P. Asto, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik.”




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v7i2.3770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License