Pengembangan Multimedia Interaktif Pengenalan Pahlawan Indonesia di Uang Kertas Emisi 2022 Berbasis Articulate Storyline

Lintang Pinastika Yudha, Ahmad Fashiha Hastawan, Djuniadi Djuniadi

Abstract


Pahlawan Indonesia patut dikenang dan dikenal oleh masyarakat. Dengan adanya pengembangan multimedia interaktif pengenalan pahlawan Indonesia di uang kertas merupakan solusi inovatif untuk memperkenalkan dan mengenang tokoh pahlawan Indonesia. Metode yang digunakan adalah ADDIE dimana dalam tahap analisis, dilakukan analisis kebutuhan informasi mengenai pahlawan yang ada di uang kertas emisi 2022. Tahap perencanaan melibatkan desain yang efektif untuk multimedia interaktif ini. Tahap pengembangan melibatkan pengembangan aplikasi menggunakan aplikasi Articulate Storyline. Tahap penerapan melibatkan uji coba aplikasi, sementara tahap evaluasi dilakukan untuk mendapatkan umpan balik dari pengguna. Pengujian dilakukan untuk memastikan fungsi dan tombol aplikasi berjalan dengan baik. Pengembangan multimedia interaktif ini memiliki dampak positif, termasuk peningkatan pemahaman, apresiasi, dan penghormatan terhadap pahlawan Indonesia.

Keywords


Multimedia Interaktif, Articulate Storyline

Full Text:

PDF

References


Arwanda, Priankalia, et al. “Pengembangan Media Pembelajaran Articulate SToryline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas IV Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, vol. 4, no. 2, 16 June 2020, p. 193, https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331. Accessed 8 June 2023.

Aulia, Annisa, and Masniladevi. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas III SD.” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 5, no. 1, 2021, pp. 602–607.

Firdawela, Indah, and Reinita Reinita. “Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Menggunakan Model Think Pair Share Di Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 14, no. 2, 17 Nov. 2021, pp. 99–112, https://doi.org/10.33369/pgsd.14.2.99-112.

Fithry Tahel, and Erwin Ginting. “Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional Untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android.” Teknomatika, vol. 9, no. 02, 2 Oct. 2019, pp. 113–120. Accessed 8 June 2023.

Hesta Rafmana, et al. “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS XI DI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG.” Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, vol. 5, no. 1, 2018, pp. 52–65, ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/7898/pdf. Accessed 12 June 2023.

Kurnia, Rika, and Nyoto Harjono. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD.” JP2, vol. 4, no. 1, 2021, pp. 122–130, ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/download/33356/18025. Accessed 12 June 2023.

Kurniawan, I., Setiawansyah, & Nuralia. (2019). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Untuk Pengenalan Pahlawan Indonesia Dengan Marker Uang Kertas Indonesia. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 1(1).

Novrizal, Arri, et al. “Multimedia Interaktif Mengenal Pahlawan Nasional Indonesia.” Journal of Animation and Games Studies, vol. 8, no. 1, 11 Apr. 2022, pp. 83–98, https://doi.org/10.24821/jags.v8i1.4979.

Octavia, Ana Dwi, et al. “Pengembangan Media M-Learning Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 3, no. 5, 8 July 2021, pp. 2380–2391, https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.797. Accessed 31 Jan. 2023.

Safitri, Dewi. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP SKRIPSI. June 2021.

Siregar, Helmi Fauzi, et al. “Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia.” (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi, vol. 2, no. 2, 1 Dec. 2018, pp. 113–121, jurnal.una.ac.id/index.php/jurti/article/view/425/363. Accessed 12 June 2023.

Sri Indriani, Made, et al. “PENGGUNAAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE DALAM PEMBELAJARAN MANDIRI TEKS NEGOSIASI.” Ejournal.undiksha.ac.id, 2019, ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS. Accessed 13 June 2023.

Ulfhadilla Nasril, and Desyandri Desyandri. Pengembangan Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Project Based Learning (PjBL) Di Kelas IV Sekolah Dasar. Vol. 3, no. 1, 4 Mar. 2023, pp. 77–88, https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.97. Accessed 8 June 2023.

Yuliansyah, Achmad Rizal, et al. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Gerak Dasar Lari Berbasis Aplikasi Articulate Storyline.” Sport Science and Health, vol. 3, no. 4, 30 Apr. 2021, pp. 180–191, https://doi.org/10.17977/um062v3i42021p180-191. Accessed 31 July 2021.

“Gambar Uang.” Www.bi.go.id, www.bi.go.id/id/rupiah/gambar-uang/default.aspx. Accessed 12 June 2023.




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v7i2.3491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License