Analisis Dan Implementasi Desain Jaringan Hotspot Berbasis Mikrotik Menggunakan Metode NDLC (Network Development Life Cycle) Pada Kantor Balai Pelaksanaan Jalan Nasional NTT

Detriana Lusi, Yohanes Suban Belotowe

Abstract


Abstrak - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional NTT merupakan salah satu instansi pemerintahan yang memiliki kebutuhan akan mobilitas informasi yang tinggi baik digunakan untuk browsing informasi, download data, upload data, pengunaan media sosial, dan pengunaan fasilitas internet lainnya. Namun adanya permasalahan terhadap instansi ini peneliti mendapat bawah setiap Access Point yang langsung terhubung ke internet service provider (ISP) hal ini menyebabkan konfigurasi yang dilakukan kurang efisien dikarenakan tidak memiliki satu sumber untuk mengontrol sehingga setiap Acces Point berdiri sendiri, hal ini mempersulit ketika melakukan konfigurasi karena untuk melakukan konfigurasi harus disetiap ruang menjadi tidak efisien. Selain itu belum memiliki firewall filtering. Oleh karena itu kegunaan Firewall Filtering dapat melakukan blok akses apabila terdapat virus atau malware serta dapat melakukan blokir terhadap website tertentu agar client tidak mengakses website tersebut dalam jangka waktu tertentu. Ketika ada sebuah koneksi ilegal atau lalu lintas yang mencurigakan masuk ke dalam perangkat jaringan komputer, dengan adanya firewall juga sangat membantu untuk terhindar dari pencurian data, penyalahgunaan informasi, ataupun kebocoran data rahasia. Untuk melakukan suatu konfigurasi jaringan yang terpusat pada satu sumber serta melakukan konfigurasi firewall filtering dibutuhkan sebuah Router yang memiliki kemampuan untuk melakukan konfigurasi WLAN. Untuk membangun jaringan WLAN penelitian ini menggunakan metode Network Development Life Cycle (NDLC) agar dapat mengoptimalkan fungsi jaringan yang ada. NDLC merupakan metode yang digunakan untuk membangun suatu jaringan WLAN. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode Network Development Life Cycle guna mengoptimalkan jaringan Wireless Local Area Network. Dengan menggunakan metode NDLC pada setiap tahapan untuk melakukan analisa masalah, perancangan, implementasi, monitoring dan manajemen jaringan pada BPJN NTT, maka akan dapat mengoptimalkan jaringan yang ada dengan menggunakan router mikrotik.

Kata Kunci - Sistem informasi, jaringan komputer, interaksi manusia dan komputer.


Keywords


Sistem informasi, jaringan komputer, interaksi manusia dan komputer.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, U. A., Saputra, R. E. dan Pangestu, P. Y. 2021. Perancangan Infrastruktur Jaringan Komputer Menggunakan Fiber Optic dengan Metode Network Develpoment Life Cycle (NDLC). Di dalam: Seminar dan Konferensi Internasional SCBTII 2021 [internet]. [diakses 17 Desember 2022]. Tersedia pada: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/17035.

Astari, A. A., 2018. Implementasi Keamanan Jaringan dengan Metode Firewall Filtering Menggunakan Mikrotik [Skripsi]. Kediri (ID): Fakultas Teknik Informatika, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Hafiz, A., dan Kurnia, I., 2021. Mengembangkan Jaringan Wireless Local Area Network (WLAN) dan Hotspot pada AMIK Dian Cipta Cendikia (DCC) Pringsewu Menggunakan Router Mikrotik. Jurnal Informatika Software dan Network [internet]. [diakses 14 Januari 2023]. 2(1): 15-22. Tersedia pada: http://jurnal.dccpringsewu.ac.id/index.php/ji/article/view/21

Madcoms, 2019. Panduan Lengkap Membangun Sistem Jaringan Komputer dengan Mikrotik RouterOS. Yogyakarta (ID): Andi.

Patandung, A., 2020. Penerapan Metode NDLC (Network Development Life Cycle) Untuk Mengoptimalkan Jaringan Wireless pada SMAN 6 Luwu [Skripsi]. Palopo (ID):Fakultas Teknik Komputer, Universitas Cokroaminoto Palopo.

Purbo, W.O., 2018. Internet-TCP/IP: Konsep & Implementasi. Yogyakarta (ID): Andi.

Sanjaya T, Setiyadi D. 2019. Network Development Life Cycle (NDLC) dalam Perancangan Jaringan Komputer pada Rumah Shalom. Jurnal Mahasiswa Bina Insani [internet]. [diakses 14 Desember 2022]. 4 (1): 1-10. Tersedia pada: http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1149.

Santoso, J. D., 2020. Analisis Perbandingan Metode Queue Pada Mikrotik. Pseudocode [internet]. [diakses 12 Januari 2023]. 7 (1): 1-7. Tersedia pada: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pseudocode/article/view/8928.

Simarmata, J., Abdullah D. dan Albra W., 2019. Teknologi Jaringan Wireless Koneksi Tanpa Kabel. Yogyakarta (ID): Teknosain.

Supriyadi dan Setiyadi, D., 2022. Penerapan Server Failover Clustering Berbasis Network Development Life Cycle (ID): CV. Literasi Nusantara Abadi.

Yuliandoko, H., 2018. Jaringan Komputer Wire dan Wireless Beserta Penerapannya. Yogyakarta (ID): Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v7i1.3454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License