Faktor-Faktor Individu Yang Memengaruhi Minat Menggunakan Mobile Payment: Sebuah Literature Review

Radinal Setyadinsa, Nurhuda Maulana

Abstract


Pembayaran melalui ponsel atau perangkat seluler telah menjadi tren penting dalam industri keuangan di era digital yang terus berkembang. Pembayaran mobile memungkinkan pengguna melakukan transaksi melalui perangkat seluler mereka. Menggantikan metode pembayaran konvensional seperti uang tunai atau kartu kredit, penggunaan pembayaran melalui ponsel telah mengubah cara kita membayar. Namun, banyak orang masih ragu untuk menggunakan pembayaran mobile. Jadi, penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisis lebih lanjut faktor-faktor individu yang memengaruhi minat menggunakan mobile payment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan, kegunaan, kepercayaan, dan keamanan adalah faktor-faktor individu yang mendukung minat menggunakan mobile payment.

Keywords


Mobile Payment, Faktor-Faktor Individu, Literature Review

Full Text:

PDF

References


F. Asri and R. Nurhasanah, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Mobile Payment di Indonesia,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 10, no. 1, pp. 1–12, 2022.

E. Suryani and H. Syahputra, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Mobile Payment: Studi Kasus di Indonesia,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 17, no. 2, pp. 197–206, 2021.

M. H. Idris, T. Ramayah, and N. Alias, “ Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Mobile Payment di Kalangan Generasi Y: Pendekatan Model Penerimaan Teknologi Terpadu,” Jurnal Pengurusan, vol. 58, pp. 115–126, 2020.

D. L. Amoroso and R. Magnier-Watanabe, “Building A Research Model For Mobile Wallet Consumer Adoption: The Case of Mobile Suica In Japan,” Kennesaw State University, Coles College of Business, Kennesaw, Georgia, USA. University of Tsukuba, Graduate School of Business Sciences, Tokyo, Japan, 2011.

K. Pousttchi, “Conditions for acceptance and usage of mobile payment procedures,” MPRA Paper, p. 2912, 2003.

N. Kreyer, K. Pousttchi, and K. Turowski, “Standardize Payment Procedures as Key Enabling Factor for Mobile Commerce Proceeding,” Proceeding of the 3rd International Conference on Electronic Commerce and Web Technologies – EC-WEB 2002, Aix-en-Provence 2002, pp. 400–409, 2002.

R. Setyadinsa, M. Rifki Shihab, and Y. Giri Sucahyo, “Individual Factors As Antecedents of Mobile Payment Usage,” in 2018 5th International Conference on Electrical Engineering, Computer Science and Informatics (EECSI), IEEE, 2018, pp. 514–518.

V. Venkatesh and F. D. Davis, “A theoretical extension of the technology acceptance model: Four longitudinal field studies,” Manage Sci, vol. 45, no. 2, pp. 186–204, 2000.

R. Ferdiansah, “Literature Review - Literature Review : Pengertian, Contoh, Cara Membuat, Manfaat, PDF,” https://internationaljournallabs.com/blog/literature-review/, May 14, 2023.

G. Liu and P. T. Tai, “A Study of Factors Affecting the Intention to Use Mobile Payment Services in Vietnam,” Economics World, vol. 4, no. 6, pp. 249–273, 2016, doi: 10.17265/2328-7144/2016.06.001.

H. Ting, Y. Yacob, L. Liew, and W. M. Lau, “Intention to Use Mobile Payment System : A Case of Developing Market by Ethnicity,” Procedia Soc Behav Sci, vol. 224, no. August 2015, pp. 368–375, 2016, doi: 10.1016/j.sbspro.2016.05.390.

W. Sinclair, L. Maulia, and T. Novianti Sitanggang, “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerimaan dan Penggunaan Mobile Payment pada Teknologi Pembayaran Gopay,” Owner (Riset & Jurnal Akuntasi), vol. 5, no. 1, pp. 229–239, Feb. 2021, doi: 10.33395/owner.v5i1.357.

A. Putra Perdana, T. Lathif Mardi Suryanto, and A. Faroqi, “Analisis Penerimaan Teknologi Mobile Payment (Studi kasus Pengguna Aplikasi OVO),” Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 12, no. 1, pp. 65–74, Apr. 2023.

D. Khornida Marheni and G. Melani, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat untuk Menggunakan Mobile Payment pada Masyarakat Kota Batam,” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), vol. 4, no. 2, pp. 804–815, Jun. 2021, doi: 10.36778/jesya.v4i2.399.

D. Kurniawan, “Pengaruh Pengetahuan Persepsi Kemudahan, Kebermanfaatan, Terhadap Minat Penggunaan OVO,” Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntasi), vol. 1, no. 4, pp. 18–28, Jul. 2020.

I. Sri Astuti and E. Suswardji Nugroho, “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan aplikasi dompet digital go-pay,” Jurnal manajemen, vol. 13, no. 1, pp. 26–36, 2021, [Online]. Available: https://katadata.co.id/

M. Faizun Ulurrosyad and P. Yudo Jayanto, “Faktor-Faktor Dalam Menggunakan E-Money (Gopay) pada Masyarakat Muslim di Kota Semarang,” Moneter: Jurnal Akuntansi dan Keuangan, vol. 7, no. 1, pp. 105–112, Apr. 2020, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/moneter

A. Prakosa and D. Jati Wintaka, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN ULANG E-WALLET PADA GENERASI MILENIAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,” Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal Of Business and Management, vol. 3, no. 1, pp. 72–85, Feb. 2020.

G. Hasan, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Masyarakat untuk Menggunakan Mobile Payment pada Online Shop di Batam,” Journal of Sustainable Business Hub, vol. 1, no. 1, pp. 1–11, Jun. 2020.

D. Ariza Nugraha, “PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEGUNAAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT INDIVIDU MENGGUNAKAN GO-PAY DI KOTA YOGYAKARTA,” Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntasi, vol. 9, no. 8, 2021.

C. Clara Caroline and T. Dwi Astuti, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MENGGUNAKAN M-BANKING BERDASARKAN TEORI TAM,” Jurnal Keunis (Keuangan dan Bisnis), vol. 9, no. 2, pp. 160–172, Jul. 2021, [Online]. Available: https://jurnal.polines.ac.id/index.php/keunis

E. Hadisantoso, T. Dharmawati, and S. Sulfian, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK (E-MONEY) PADA APLIKASI OVO (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Halu Oleo),” Jurnal Akuntansi dan Keuangan, vol. 8, no. 1, pp. 140–150, 2023, [Online]. Available: http://jak.uho.ac.id/index.php/journal

D. Cynthia Kumala, J. Wilson Pranata, and S. Thio, “PENGARUH PERCEIVED USELFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE, TRUST, DAN SECURITY TERHADAP MINAT PENGGUNAAN GOPAY PADA GENERASI X DI SURABAYA,” Jurnal Manajemen Perhotelan, vol. 6, no. 1, pp. 19–29, Mar. 2020, doi: 10.9744/jmhot.6.1.19-29.

R. Aguswidya Utami and I. Irwansyah, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Aplikasi E-Wallet Dana Di Kota Samarinda,” Jurnal Bisnid dan Pembangunan, vol. 11, no. 2, 2022.

M. Hikmah, A. Fathurrahman, and T. Rukiyat, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL DANA (STUDI KASUS MASYARAKAT DKI JAKARTA),” Jurnal Inovasi Manajemen & Bisnis (JIMB), vol. 1, no. 2, pp. 104–117, Nov. 2022.




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v7i1.3452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License