Analisa Perbandingan Kinerja Algoritma Klasifikasi Untuk Prediksi Penyakit Kanker Payudara

Rudi Hartono, Yusuf Sumaryana, Alwi Nurfaizi

Abstract


Data yang diunggah Globocan pada tahun 2020, jumlah kasus baru kanker payudara di Indonesia mencapai 68.858 kasus (16,6%) dari total 396.914 kasus baru kanker, dengan jumlah kematiannya mencapai lebih dari 22 ribu jiwa kasus. dibidang kesehatan dan medis, klasifikasi berbasis pembelajaran mesin banyak digunakan untuk membantu dokter dan profesional kesehatan mengklasifikasikan penyakit kanker untuk menentukan tindakan terbaik, bahwa ada beberapa algoritma, teknik dan alat yang dipakai dalam memprediksi penyakit kanker payudara dengan hasil akurasi yang berbeda-beda. Dengan membandingkan algoritma klasifikasi dan metode Ensemble Learning Bagging dan metode biasa pada penelitian ini serta dengan menggunakan data yang berasal dari SEER NCI yang diunggah ke dalam website Kaggle.com dengan jumlah atribut yaitu 16 dan jumlah record nya sebesar 4025 record, bahwa hasil dari perbandingan model algoritma baik menggunakan teknik Ensemble Learning Bagging atau tidak, algoritma dengan nilai kinerja akurasi terbaik yaitu algoritma Random Forest, semua kinerja akurasi pada setiap algoritma bertambah dengan rata-rata kenaikan 1% dengan menggunakan teknik Ensemble Learning Bagging, menunjukan bahwa teknik ini dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja akurasi dibandingkan dengan teknik default pada setiap algoritma ataupun dengan perhitungan manual, selain itu jumlah record juga dapat mempengaruhi kinerja algoritma. Dengan menambahkan model algoritma lain nya seperti AdaBoost, logistic Regression, XGBClassifier, LGBMClassifier, ExstraTreeClasifier, dan teknik Ensemble Learning Heterogenous serta proses pembuatan Machine Learning dengan framework Streamlit maka proses untuk prediksi penyakit kanker payudara akan semakin baik.

Keywords


akurasi; algoritma; kanker payudara; klasifikasi

Full Text:

PDF

References


I. Solikin, R. P. Bhumi, and J. Power, “Teknik Data Mining untuk Prediksi Kanker Payudara yang Efisien”.

A. H. Yunial, “Prosiding Seminar Nasional Informatika dan Sistem Informasi Analisa Perbandingan Algoritma Klasifikasi Support Vector Machine, Decession Tree Dan Naive Bayes”.

H. Oktavianto and R. P. Handri, “Analisis Klasifikasi Kanker Payudara Menggunakan Algoritma Naive Bayes,” 2019. [Online]. Available: https://archive.ics.uci.edu/ml/.

L. Indah Prahartiwi, W. Dari, and S. Nusa Mandiri, “Komparasi Algoritma Naive Bayes, Decision Tree dan Support Vector Machine untuk Prediksi Penyakit Kanker Payudara,” Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, vol. 7, no. 1, 2021, doi: 10.31294/jtk.v4i2.

M. Faizal Kurniawan, “Komparasi Algoritma Data Mining Untuk Klasifikasi Penyakit Kanker Payudara,” 2017.

A. H. Yunial, “Prosiding Seminar Nasional Informatika dan Sistem Informasi Analisa Perbandingan Algoritma Klasifikasi Support Vector Machine, Decision Tree Dan Naive Bayes”.

I. Solikin, R. P. Bhumi, and J. Power, “Teknik Data Mining untuk Prediksi Kanker Payudara yang Efisien”.

A. Primajaya and B. N. Sari, “Random For- est Algorithm for Prediction of Precipitation,” 2018.

R. Thaniket and E. Taufik Luthf, “Prediksi Kelulusan Mahasiswa Tepat Waktu Menggunakan Algoritma Support Vector Machine,” 2020.

J. Perintis Kemerdekaan Km, M. Syukri Mustafa, and I. Wayan Simpen, “Prosiding Seminar Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (P4M) STMIK Dipanegara Makassar Implementasi Algoritma K-Nearest Neighbor (KNN) Untuk Memprediksi Pasien Terkena Penyakit Diabetes Pada Puskesmas Manyampa Kabupaten Bulukumba.”




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v7i1.3418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License