Pemilihan Siswa Berprestasi Menggunakan Analytical Hierarchy Process Pada SMPN 24 Jakarta

Isti Kharoh, Nita Merlina, Nissa Almira Mayangky

Abstract


Institusi pendidikan tentunya selalu berupaya untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi siswa/siswi, orang tua/wali khususnya serta bagi masyarakat pada umumnya. Salah satu layanan yang secara berkala dilakukan Sekolah Menengah Pendidikan Negeri (SMPN) 24 Jakarta adalah pemberian penghargaan kepada siswa yang berprestasi. Pemberian penghargaan dilakukan di setiap akhir Tahun Pelajaran. Permasalahan yang terjadi adalah pihak sekolah hanya berpatokan pada data prestasi akademik saja, padahal kriteria non-akademik juga dapat menjadi dasar penentuan. Selain itu proses penentuan siswa berprestasi masih dilakukan secara konvensional sehingga keputusan dalam menentukan siswa berprestasi seringkali dihadapkan pada kondisi yang dapat menjadikan keputusan tersebut terkesan tidak proporsional. Sehingga diperlukan suatu alat bantu berupa aplikasi yang dapat membantu pihak manajemen dalam proses pengambilan keputusan seperti Analytical Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan hasil kuesioner dan perhitungan Analytical Hierarchy Process (AHP) terdapat nilai Eigen vector tertinggi yaitu kriteria Nilai Rapor dengan bobot 0,44 (44%) hal ini menandakan kriteria tersebut memiliki tingkat kepentingan yang lebih besar dibandingkan dengan kriteria nilai sikap 0,42 (42%) dan nilai ekskul 0,14 (14%). Hasil pengolahan data dengan menggunakan aplikasi expert choice menunjukan bahwa alternatif atas nama Radin Akhtar Alvito lebih unggul dari pada I Vena Hawa Tuanaya dari Nilai Sikap, sementara untuk Nilai Rapor dan Nilai Ekskul kedua alternatif ini memiliki bobot nilai yang sama.

Keywords


Siswa Berprestasi; Analytical Hierarchy Process; Expert Choice

Full Text:

PDF

References


A. Sudirman et al., Sistem Informasi Manajemen. Yayasan Kita Menulis, 2020.

R. Wijaya, S. Dwiyatno, S. Wahyudi, and E. Krisnaningsih, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Pada Sekolah Menengah Pertama Dengan Menggunakan Metode Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),” J. PROSISKO, vol. 2, no. 2, pp. 27–40, 2015.

A. Rahardiansyah, A. Rusman, and A. H. Kahfi, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Metode AHP di SMP Era Informatika,” Bianglala Inform., vol. 10, no. 1, pp. 48–55, Mar. 2022.

Asnawati and I. Kanedi, “Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Pangkat Karyawan Perseroan Terbatas Pelayaran Kumafa Lagun Marina Bengkulu,” J. Media Infotama, vol. 8, no. 1, 2012.

S. Kurniawan and S. Gunawan, “Multi Criteria Decision Making,” 2019. [Online]. Available: https://bbs.binus.ac.id/management/2019/12/multi-criteria-decision-making/. [Accessed: 28-Apr-2022].

E. Y. Anggraeni and R. Irviani, Pengantar Sistem Informasi. CV Andi Offset, 2017.

P. B. N. Simangunsong and S. B. Sinaga, Sistem Pendukung Keputusan. Yayasan Kita Menulis, 2019.

T. Limbong et al., Sistem Pendukung Keputusan: Metode dan Implementasi. Yayasan Kita Menulis, 2020.

KKBI, “prestasi.” [Online]. Available: https://kbbi.web.id/prestasi. [Accessed: 10-Apr-2022].

I. Herawati and Y. Widiastuti, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi,” J. Account. Bus. Educ., vol. 1, no. 3, pp. 1–13, 2016.

M. N. Sutoyo, “Metode Analytic Hierarchy Process (AHP).”




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v7i1.3280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License