Rancang Bangun Game 2D “Finding Tajwid” Dengan Metode Finite State Mechine Menggunakan Software Unity Hub

Asfilia Nova Anggraini, Juniardi Nur Fadila, Fressy Nugroho

Abstract


Abstract - It is undeniable that along with the development of gaming technology that has become a means of entertainment has also developed into a means of education. One of the forms is as a teaching material in tajwid. Tajwid that many kinds make children sometimes feel difficult in the learning process. Based on the above problems, the author uses technology to construct schooling content that can boost children's learning enthusiasm, namely 2D games. 2D games are designed as attractively as possible by using Unity Hub software that utilizes the Finite State Mechine method. The purpose of making this 2D game is to increase children's learning interest in getting to know tajwid and help to remember what hijaiyah letters are contained in each law.

Keywords  -   2D Games, Unity Hub, Tajwid, Finite State Mechine.

 

Abstrak – Tidak dapat dipungkiri seiring perkembangan teknologi game yang telah menjadi sarana hiburan turut berkembang menjadi sarana pendidikan. Salah satu bentuknya adalah sebagai bahan ajar dalam tajwid. Tajwid yang banyak macamnya membuat anak-anak kadang merasa kesulitan dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah game yang digunakan untuk membantu dalam proses pembelajaran ilmu tajwid dengan menggunakan metode Finite State Mechine. Finite State Mechine merupakan metode yang mengimplementasikan keadaan, kejadian dan aksi yang akan lebih menarik dalam proses pembelajaran dengan bermain. Sehingga hasilnya adalah anak-anak akan lebih mudah untuk mengenal dan mempelajari hukum tajwid yang ada dalam Al-Quran. Kesimpulan yang dapat diambil dari rancang bangun game ini adalah anak-anak dapat belajar dimana saja dan kapan saja ilmu tajwid dengan metode ang lebih menarik dan mudah untuk dihafalkan.  

Kata Kunci - Game 2D, Unity Hub, Tajwid, Finite State Mechine.


Keywords


2D Games, Unity Hub, Tajwid, Finite State Mechine

Full Text:

PDF

References


M. Z. Abidin and T. Listyorini, “Game Edukatif Membaca Al-Qur’an (Ilmu Tajwid) Berbasis Android,” SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2018, doi: 10.31598/sintechjournal.v1i1.153.

Haryanto1 and Bagas Friana2, “Aplikasi Permainan Edukatif Mengaji Berbasis Multimedia Interaktif Haryanto1,” J. Tek. Inform. Unis, vol. 6, no. 1, pp. 8–16, 2018.

I. Mildayanti, I. K. R. Arthana, and I. G. M. Darmawiguna, “Pengembangan Game Edukasi ‘Tajwid Al Qur’an’ Berbasis Android,” Sekol. Tinggi Teknol. Garut, vol. 5, no. 2, pp. 1–169, 2016.

L. S. Muchlis and G. R. Septianus, “Game Edukasi Belajar Mengaji Menggunakan Metode Linear Congruent Method (LCM) Berbasis Android,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 5, no. 2, p. 120, 2020, doi: 10.32493/informatika.v5i2.5048.

N. Siregar and T. Sutabri, “Pengembangan Aplikasi Game Edukasi Mengaji,” J. Teknol. Inform. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 45–50, 2019.

L. S. Mongi, A. S. M. Lumenta, and A. M. Sambul, “Rancang Bangun Game Adventure of Unsrat Menggunakan Game Engine Unity,” J. Tek. Inform., vol. 13, no. 1, pp. 1–11, 2018, doi: 10.35793/jti.13.1.2018.20191.

M. Q. Khairuzzaman, “GAME TAJWID THE ADVANTURE OG MADUN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY SUGENO SEBAGAI PENGATUR PERILAKU NPC,” 2016.

D. Napitupulu, “PERANCANGAN PROGRAM GAME PC HACK & SLASH BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN UNITY 3D,” pp. 82–91, 2017, doi: 10.31227/osf.io/a9yvq.

M. F. Rahadian, A. Suyatno, and S. Maharani, “Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game ‘The Relationship,’” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 11, no. 1, p. 14, 2016, doi: 10.30872/jim.v11i1.198.

I. Rohmawati, “Pengembangan Game Edukasi Tentang Budaya Nusantara ‘Tanara’ Menggunakan Unity 3D Berbasis Android,” J. SITECH Sist. Inf. dan Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 173–184, 2019, doi: 10.24176/sitech.v2i2.3907.




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v5i1.1782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JurTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) dapat diakses melalui :

 

 

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.