Aplikasi Marketplace Batik Madura di Sentra Batik Pasar 17 Agustus Pamekasan

Ubaidi Ubaidi, Nindian Puspa Dewi

Abstract


Abstract - August 17 Market is one of the largest traditional markets in Pamekasan. This market is also well known as a batik market, which is the center of Madura Batik sales. In this market, traffic jams often occur, making it difficult for batik buyers to visit the batik market, which is located in the middle of the market. For this reason, it is necessary to create a marketplace for selling Batik Madura on August 17 Market. This Batik Sales Marketplace application is designed with Extreme Programming. This Marketplace application is made web and mobile-based so it can be accessed anywhere and anytime without having to market. Different from the previous application, to make it easier for visitors/buyers, besides being equipped with a short message feature, this application is also equipped with a seller location plan. That way, visitors/buyers can easily find seller locations if they want to shop offline. This feature is helpful in efficiency when searching. With this application, it can expand the marketing and promotion of Batik Madura as one of the cultural treasures of Madura.

Keywords  -    Marketplace, Market, Batik, Batik Madura, Pamekasan.

 

Abstrak - Pasar 17 Agustus merupakan salah satu pasar tradisional terbesar di Pamekasan. Selain sebagai pasar tradisional pada umumnya, pasar ini juga terkenal sebagai pasar batik yang menjadi pusat penjualan Batik Madura. Di pasar ini sering terjadi kemacetan sehingga menyulitkan para pembeli batik untuk mengunjungi pasar batik yang lokasinya dibagian tengah pasar. Karena itulah, perlu dibuat sebuah marketplace penjualan Batik Madura di Pasar 17 Agustus Pamekasan. Aplikasi Marketplace Penjualan Batik ini dirancang dengan Metode Agile Software Development jenis Extreme Programming. Aplikasi Marketplace ini dibuat dengan berbasis web dan mobile sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan tanpa harus mengunjungi Pasar 17 Agustus Pamekasan. Berbeda dari aplikasi sebelumnya, untuk memudahkan pengunjung/pembeli, aplikasi ini selain dilengkapi dengan fitur pesan singkat juga dilengkapi dengan denah lokasi pelapak. Dengan begitu, pengunjung/pembeli dapat dengan mudah menemukan lokasi pelapak jika ingin berbelanja secara offline. Fitur ini sangat membantu dalam efisiensi waktu saat melakukan pencarian. Dengan adanya aplikasi ini maka dapat memperluas pemasaran dan promosi Batik Madura sebagai salah satu kekayaan budaya Madura yang banyak diminati oleh masyarakat di luar Madura.

Kata Kunci - Marketplace, Pasar, Batik, Batik Madura, Pamekasan.


Keywords


Marketplace; Market; Batik; Batik Madura; Pamekasan

Full Text:

PDF

References


U. Ubaidi and N. P. Dewi, “Voice pattern recognition using Mel-Frequency Cepstral Coefficient and Hidden Markov Model for bahasa Madura,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1375, no. 1, pp. 1–6, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1375/1/012057.

N. P. Dewi and Ubaidi, “Lexical Rule and Lexicon Effect for Part of Speech Tagging Bahasa Madura,” J. Matrik, vol. 18, no. 1, pp. 65–72, 2018.

B. Said and N. P. Dewi, “Implementation of Naïve Bayes updateable with modified absolute discount smoothing on Pamekasan Regent SMS center data classification,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1375, no. 1, pp. 1–4, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1375/1/012029.

APJII, “Buletin APJII Edisi-40 2019,” p. 6, 2019, [Online]. Available: https://apjii.or.id/survei.

S. Palinggi and E. C. Limbongan, “Pengaruh Internet Terhadap Industri E-Commerce dan Regulasi Perlindungan Data Pribadi Pelanggan di Indonesia,” Semin. Nas. Ris. dan Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 225–232, 2020, [Online]. Available: http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasristek2020/article/view/2543.

E. Turban, D. King, J. K. Lee, T.-P. Liang, and D. C. Turban, Electronic Commerce - A Managerial and Social Perspective. 2015.

M. Septianto, S. F. S. Gumilang, and F. M. Al Anshary, “Perancangan Dan Pengembangan Marketplace Jual Beli Buku Bekas Pada Startup Gebbuk Berbasis Mobile,” e-Proceeding Eng., vol. 5, no. 2, pp. 3335–3345, 2018.

A. Syahab, “Analisis Sistem E-Commerce Pada Perusahaan Marketplace Mobile Shopee Indonesia,” in Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SENSITEK), 2018, pp. 565–569.

H. Heriyanto et al., “Aplikasi Online Marketplace pada PT . XYZ di Surabaya,” J. Infra, vol. 4, no. 2, pp. 183–188, 2016.

J. Zhang, M. X. Cai, T. Lu, X. H. Sun, and J. L. Jia, “Lumbar spinal stenosis treated with polyetheretherketone pedicle screw fixation combined with interbody fusion: A follow-up assessment focusing on bone fusion rate,” Chinese J. Tissue Eng. Res., vol. 20, no. 12, pp. 1684–1689, 2016, doi: 10.3969/j.issn.2095-4344.2016.12.002.

M. I. Kurniawan, B. Priyambadha, and A. A. Soebroto, “Pengembangan Aplikasi Marketplace Untuk Jasa Konfeksi,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 8, pp. 7391–7398, 2019.

R. Fauzi, S. Wibowo, and D. Y. Putri, “Perancangan Aplikasi Marketplace Jasa Percetakan Berbasis Website,” Fountain Informatics J., vol. 3, no. 1, p. 5, 2018, doi: 10.21111/fij.v3i1.1824.

H. Himawan, A. Saefullah, and S. Santoso, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif,” Sci. J. Informatics, vol. 1, no. 1, pp. 53–63, 2015, doi: 10.15294/sji.v1i1.3641.

B. K. Riasti, S. A. T. Bawono, and E. Setyawan, “E-Marketplace Batik,” Indones. J. Appl. Informatics, vol. 1, no. 1, p. 45, 2016, doi: 10.20961/ijai.v1i1.8390.

I. Darmawan, W. Puspitasari, and R. Andreswari, “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Peningkatan Pemasaran di UMKM Grosir Batik Tasikmalaya,” Charity, vol. 2, no. 1, pp. 0–3, 2019, doi: 10.25124/charity.v2i1.2069.

R. Baxter, Software engineering is software engineering. 2006.

N. P. Dewi and I. Listiowarni, “Implementasi Game Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 3, no. 2, pp. 124–130, 2019, doi: 10.29207/resti.v3i2.885.

A. Holzer and J. Ondrus, “Mobile application market: A developer’s perspective,” Telemat. Informatics, vol. 28, no. 1, pp. 22–31, 2011, doi: 10.1016/j.tele.2010.05.006.

D. W. Ramadhan, “PENGUJIAN USABILITY WEBSITE TIME EXCELINDO MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) (sTUDI KASUS: WEBSITE TIME EXCELINDO),” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 4, no. 2, p. 139, 2019, doi: 10.29100/jipi.v4i2.977.

U. Ependi, F. Panjaitan, and H. Hutrianto, “System Usability Scale Antarmuka Palembang Guide Sebagai Media Pendukung Asian Games XVIII,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 3, no. 2, p. 80, 2017, doi: 10.20473/jisebi.3.2.80-86.

F. F. Laksana and S. Suyoto, “Pengukuran Kualitas Ux Website Menggunakan Sus,” Comput. Eng. Sci. Syst. J., vol. 4, no. 2, p. 138, 2019, doi: 10.24114/cess.v4i2.12928.




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v4i2.1687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JurTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License