PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS DALAM MENENTUKAN TINGKAT KEPUASAN PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19

Kristin Daya Rohani Sianipar, Septri Wanti Siahaan, Marina Siregar, Fikrul Ilmi R.H Zer, Dedy Hartama

Abstract


Abstract - In this increasingly developed and advanced era, information technology is increasingly needed in human life. It can be seen from the current COVID-19 pandemic, information technology is increasingly needed in carrying out human activities at home. In the scope of learning, learning activities are shifted to online or online learning. Many students feel burdened with online learning. However, some students feel that the steps taken by the government are very appropriate to avoid stopping learning activities. This research was conducted for application in determining the level of online learning satisfaction in the COVID-19 pandemic. In this study the k-means algorithm is used to determine the level of online learning satisfaction that is applied to students.

Keywords - Algorithm, K-Means, Level of Satisfaction, Online Learning, COVID-19 Pandemic

 

Abstrak - Di era teknologi yang semakin mau dan berkembang ini, teknologi informasi menjadi lebih dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Dapat dilihat dari adanya pandemi COVID-19 saat ini, teknologi informasi semakin dibutuhkan dalam melakukan aktivitas manusia di rumah. Pada ruang lingkup pembelajaran, aktivitas pembelajaran dialihkan menjadi melalui daring atau pembelajaran online. Banyak mahasiswa yang merasa terbebani dengan adanya pembelajaran online. Namun, ada juga mahasiswa yang merasa bahwa langkah yang dilakukan pemerintah ini sangat tepat untuk menghindari pemberhentian kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk penerapan dalam menentukan tingkat kepuasan pembelajaran online di tengah pandemi COVID-19. Dalam penelitian ini digunakan algoritma k-means untuk menentukan tingkat kepuasan pembelajaran online yang diterapkan kepada mahasiswa.

Kata kunci - Algoritma, K-Means, Tingkat Kepuasan, Pembelajaran Online, Pandemi COVID-19


Keywords


Algorithm, K-Means, Level of Satisfaction, Online Learning, COVID-19 Pandemic

Full Text:

PDF

References


Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

M. G. Sadewo, A. P. Windarto, and S. R. Andani, “Pemanfaatan Algoritma Clushtering Dalam Mengelompokkan Jumlah Desa / Kelurahan Yang Memiliki Sarana Kesehatan,” vol. I, pp. 124–131, 2017.

Singla, A., & Karambir, M., 2012, Comparative Analysis & Evaluation of Euclidean Distance Function and Manhattan Distance Function Using K-Means Algorithm, International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering (IJARSSE), 2(7), 298-300.

A. K. Wardhani, “Implementasi Algoritma K-Means Untuk Pengelompokkan Penyakit Pasien pada Puskesmas Kajen Pekalongan,” J. Transform. , vol. 14, no. 1, pp. 30–37, 2016.

Aryan, Peb Rusyono. 2010. Algoritma K-means Clustering.http://pebbie.wordpress.com/2008/11/13/algoritma-kmeansclustering/ Diakses pada tanggal 16 Mei 2020 pukul 14.09 WIB

Venkateswarlu, B., & Raju, P. G., 2013, Mine Blood Donors Information through Improved KMeans Clustering, arXiv preprint arXiv:1309.2597.

Sugiharti, E., & Muslim, M. A., 2016, On-line Clustering of Lecturers Performance of Computer Science Department of Semarang State University Using K-Means Algorithm, Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 83(1).

M. G. Sadewo, A. P. Windarto, and D. Hartama, “Penerapan Datamining Pada Populasi Daging Ayam Ras Pedaging Di Indonesia Berdasarkan Provinsi Menggunakan K-Means,” InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan), vol. 2, no. 1, pp. 60–67, 2017.




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v4i1.1258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JurTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License