IMPLEMENTASI SISTEM SIMULASI PENAMPILAN TATA SURYA BERBASIS 3D MENGGUNAKAN OPENGL
Abstract
Abstract - The development of digital-based technology in the 4.0 industrial revolution era, making its application in facilitating various activities in various fields. One of them is in the process of learning about space management. This study discusses the implementation of the solar system into 3-dimensional simulation using the Code Block IDE and using the OpenGL library. The results of this study are expected to help improve the ability of a person in the regulation of the solar system by presenting objects through 3D-based animation using OpenGL media.
Keywords - Solar System, Simulation, OpenGL.
Abstrak - Perkembangan teknologi berbasis digital pada era revolusi industri 4.0 ini, membuat penerapanya dalam memudahkan kegiatan dalam beberapa bidang semakin banyak digunakan. Salah satunya dalam membantu proses pembelajaran mengenai ruang tata ruang angkasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan mengenai ruang tata surya ke dalam suatu simulasi bebabasis 3 dimensi dengan menggunakan IDE Code Block dan dengan menggunakan library OpenGL. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan terhadap seseorang dalam mempelajari tata surya dengan menghadirkan objek melalui implementasi animasi bebasis 3D dengan menggunakan media OpenGL.
Kata kunci - Tata Surya, Simulasi, OpenGL.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Wikipedia. Tata Surya. (https://id.wikipedia.org/wiki/ Tata_Surya).(Online).Diakses tanggal 26 April 2020
D. Suhardiman, et al. Pembuatan Simulasi Pergerakan Objek 3D (Tiga Dimensi) Menggunakan OpenGL. Jurnal Teknik Elektro dan
A. S. Riyadi, IMPLEMENTASI OPEN GL32 UNTUK MEMANIPULASI GAMBAR SEGITIGA DAN SEGIEMPAT. Jurnal KomTekInfo Fakultas Ilmu Komputer, Volume 1, No. 1, Juni 2014.
S. W. Habsy, Aplikasi Pengembangan 3 Dimensi Sebagai Media Pengajaran. KOMPUTASI. Vol 4. No 7. 2007
Lintas Materi. Objek 3 dimensi, (https://www.lintas materi.com/2016/05/objek-3dimensi.html?m=1).(Online). Diakses tanggal 27 April 2020
Wikipedia. OpenGL. (https://id.wikipedia.org/wiki /OpenGL).(Online).Diakses tanggal 26 April 2020.
Wikipedia. C++. (https://id.wikipedia.org/wiki/C%2B %2B).(Online). Diakses tanggal 26 April 2020.
J. D. Latuheru, Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1988.
Saptaji.com Mengenal Code Blocks, Free Cross Platform Ide For C/C++/Fortran (http://saptaji.com/2015/07/12/ mengenal-code-blocks-free-cross-platform-ide-forccfor tran/).(Online).Diakses tanggal 26 April 2020
Rosa dan Shalahuddin M. Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Modula, 2011.
DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v4i1.1231
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JurTI (Jurnal Teknologi Informasi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :
JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)
Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.
Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224 – Sumatera Utara
Telp/WA : 082370952109 - 081268777854
E-Mail : jurtischolar@gmail.com
JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License