EFEKTIVITAS PENCATATAN IDENTITAS ANAK OLEH KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TANJUNG BALAI

Rera Asnelly, Junindra Martua

Abstract


Penelitian ini meneliti tentang Pencatatan Identitas Anak oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungbalai. Pada penelitian hukum ini menggunakan metode penelitian hukum empiris dan melakukan studi ke Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungbalai. Pada penelitian hukum ini menggunakan bahan hukum primer, yaitu : Peraturan Perundang-Undangan. Bahan hukum sekunder, yaitu : buku-buku hukum. Bahan hukum tersier, yaitu : buku-buku non hukum. Pada penelitian ini, bahwasannya. Efektifitas Pencatatan Identitas Anak oleh Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungbalai, dengan cara memberikan program Kartu Identitas Anak (KIA), hal ini merupakan program kependudukan terbaru yang di Indonesia pada Tahun 2016.

Kata Kunci : Pencatatan, Identitas Anak, Efektivitas


References


A. Buku

Wagiati Soetodjo, Hukum Pidana Anak, (Bandung : PT. Refika Aditama, 2006), hlm. 5.

Amirudin dan Zainal Asikin, Pengantar Metode Penelitian Hukum, (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2004, Cet.1), hlm. 118-119.

B. Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Dasar Tahun 1945 Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2018 Tentang Persyaratan Dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk Dan Pencatatan Sipil.

C. Wawancara

Wawancara penulis dengan DTM. Syafrizal, KABID Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungbalai, Pada Tanggal 3 Agustus 2020.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.