PELAKSANAAN TUGAS SATUAN POLISI PAMONG PRAJA TERHADAP DAMPAK COVID – 19 DI KOTA TANJUNGBALAI

Ridwan Saragih, Rahmat Rahmat

Abstract


Penelitian ini meneliti tentang isi Pelaksanaan Tugas Satuan Polisi Pamong Praja Terhadap Dampak Covid – 19 Di Kota Tanjungbalai. Penelitian ini menggunakan metode empiris dan melakukan studi ke Kantor Satpol PP Kota Tanjungbalai. Pada penelitian hukum ini menggunakan bahan hukum primer, yaitu : Peraturan Perundang-Undangan. Bahan hukum sekunder, yaitu : buku-buku hukum. Bahan hukum tersier, yaitu : buku-buku non hukum. Pada penelitian ini, bahwasannya peran dan tugas Pemerintah Daerah Kota Tanjungbalai melalui Satpol PP dalam menanggulangi resiko virus corona menyebarluas di Kota Tanjungbalai, maka yang dilakukan adalah dengan memberikan layanan kesehatan yang lebih baik dan Pemerintah Kota Tanjungbalai juga menghimbau agar para masyarakat di Kota Tanjungbalai selalu menjaga jarak, dan jika berpergian selalu menggunakan masker.

Kata Kunci : Covid-19, Satpol PP, Pelaksanaan Tugas


References


A. Buku

Hartono, Sunaryati, Penelitian Hukum Di Indonesia Pada Akhir Abad Ke-20, (Bandung: Alumni, 1994, Cet.1)

Kansil, C.S.T., dan Kansil, Christine S.T., Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 (Jakarta : PT. Pradnya Paramita, 2003 Cet. 21).

B. Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Dasar Tahun 1945

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan

Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2010 Tentang Satuan Polisi Pamong Praja

Peraturan Menteri Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2011 Tentang Standar Operasional Prosedur Satuan Polisi Pamong Praja

C. Jurnal

Katharina, Riris, Relasi Pemerintah Pusat-Daerah Dalam Penanganan Covid-19, (Info Singkat, Vol.XII, No.5/I/Puslit/Maret, 2020)

Siti Chadijah, Jurnal : Harmonisasi Kewenangan Penanganan Pandemi Covid-19 Antara Pemerintah Pusat Dan Daerah, (Jurnal Kertha Semaya, Vol. 8 No. 6 Tahun 2020)

D. Wawancara

Wawancara penulis dengan Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tanjungbalai, yang bernama Drs. Ganefrizal, pada Tanggal 13 Oktober 2020

E. INTERNET

Kota Tanjungbalai, https://tanjungbalaikota.go.id/agama-adat-dan-budaya/, diakses pada tanggal 12 September 2020

Pandemi Covid-19, https://sumatra.bisnis.com, diakses tanggal 04 Mei 2020


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.