PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA PADA SISWA KELAS XI TKJ 1 SMK NEGERI 1 BARUMUN
Abstract
ABSTRACT
Dalam pengamatan awal peneliti di sekolah SMK Negeri 1 Barumun, menemukan bahwa permasalahan yang dihadapi guru diantaranya adalah rendahnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran akuntansi. Indikator pencapaian hasil yang ditetapkan sesuai standar Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan berbagai pertimbangan. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti tarik untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran akuntansi dengan Model Cooperative Learning Teknik Numbered Heads Together. Teori yang digunakan peneliti adalah teori model pembelajaran Cooperative Learning, Numbered Heads Together, belajar dan hasil belajar. Metode yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tujuan untuk memberikan solusi permasalahan yang dihadapi guru dan siswa selama proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Barumun pada kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan 1 dengan jumlah siswa keseluruhan 29 siswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan model operative Learning teknik Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan 1 SMK Negeri 1 Barumun. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata N-Gain siklus I yaitu 0,52 meningkat pada siklus II menjadi 0,73.
Kata Kunci : Cooperative Learning, Numbered Heads Together, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36294/jse.v4i1.3661
DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/jse.v4i1.3661.g2575
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
Gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan
Jl. Ahmad Yani No. 1, Kisaran , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21214, Indonesia
Email:jurnalsainsekonomi@gmail.com