PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA PADA SISWA KELAS XI TKJ 1 SMK NEGERI 1 BARUMUN

Eddy Bahari Hasibuan

Abstract


ABSTRACT

 

 


Dalam pengamatan awal peneliti di sekolah SMK Negeri 1 Barumun, menemukan bahwa  permasalahan  yang  dihadapi  guru  diantaranya  adalah  rendahnya  hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran akuntansi. Indikator pencapaian hasil yang ditetapkan sesuai standar Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan  berbagai  pertimbangan.  Berdasarkan  permasalahan  tersebut,  peneliti tarik untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran  akuntansi dengan  Model Cooperative Learning Teknik Numbered Heads Together. Teori yang digunakan peneliti adalah teori model pembelajaran Cooperative Learning, Numbered Heads Together, belajar dan hasil belajar. Metode yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tujuan untuk memberikan solusi permasalahan yang dihadapi guru dan siswa selama proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Barumun pada kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan 1 dengan jumlah siswa keseluruhan 29 siswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan model operative  Learning  teknik  Numbered  Heads  Together  dapat  meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan 1  SMK Negeri 1 Barumun. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata N-Gain siklus I yaitu 0,52 meningkat pada siklus II menjadi 0,73.

 

 

Kata Kunci : Cooperative  LearningNumbered  Heads  Together,  Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36294/jse.v4i1.3661

DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/jse.v4i1.3661.g2575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan

Jl. Ahmad Yani No. 1, Kisaran , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21214, Indonesia

Email:jurnalsainsekonomi@gmail.com