PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN GEPREK FRIED CHICKEN (GFC) SEI BALAI KABUPATEN BATU BARA
Abstract
ABSTRAKSI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, harga, lokasi dan kualitas konsumen secara simultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 96 responden. Persamaan analisis linear berganda diperoleh nilai Y = 1,404 + 0,614X1 - 0,435X2 + 0,250X3 + 0,396X4 Artinya terdapat hubungan yang positif antara variabel promosi (X1), lokasi (X3), dan kualitas produk (X4) terhadap kepuasan konsumen (Y), namun terdapat hubungan yang negatif antara variabel harga (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y). Hasil uji simultan nilai Fhitung 21,731 > Ftabel 2,47 dan berada pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak, artinya secara simultan (serempak) promosi (X1), harga (X2), lokasi (X3) dan kualitas produk (X4) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y). Hasil uji parsial variabel promosi (X1), menghasilkan nilai thitung 6,237 > ttabel 1,986 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 maka H2 diterima dan H0 ditolak, artinya secara parsial promosi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y). Uji parsial variabel harga (X2) menghasilkan nilai
-thitung -2,407 < -ttabel -1,986 dengan signifikansi 0,018 < 0,05 maka H2 diterima dan H0 ditolak, artinya secara parsial harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y). Uji parsial variabel lokasi (X3) menghasilkan nilai thitung 2,032 > thitung 1,986 artinya secara parsial lokasi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y). Uji parsial variabel kualitas produk (X4) menghasilkan nilai thitung 2,221 > ttabel 1,986 artinya secara parsial kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y). Hasil uji koefisien determinasi menghasilkan nilai R Square sebesar 0,466, artinya variabel bebas yang terdiri dari harga dan customer experience mampu menjelaskan variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan sebesar 46,6%, sedangkan selebihnya 53,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Promosi, Harga, Lokasi, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen
DOI: https://doi.org/10.36294/jse.v3i2.3153
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
Gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan
Jl. Ahmad Yani No. 1, Kisaran , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21214, Indonesia
Email:jurnalsainsekonomi@gmail.com