PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, PELATIHAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN ASAHAN

Maimunah, Hadi Suriono

Abstract


Abstrak

Teori yang digunakan dalam penulisan ini adalah teori manajemen organisasi dan sumber daya manusia dengan lebih berfokus pada faktor budaya organasasi, pelatihan, kepuasan kerja dan produktivitas kerja yang menjadi variabel-variabel dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survey. jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan sifat penelitian adalah penjelasan. Metode pengumpulan data adalah dengan wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Populasi adalah seluruh pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asahan  yaitu 31 pegawai dan ditetapkan jumlah sampel dari seluruh populasi yang ada yaitu sebanyak 31 pegawai.

Berdasarkan persamaan linier berganda yang diperoleh sebagai berikut bahwa Ŷ   = 1,074+ 0,887 X1 + 0,288 X+ 0,572 X3 + e. Pada persamaan tersebut dapat dilihat bahwa budaya organisasi (X1), pelatihan (X2) dan kepuasan kerja (X3) mempunyai koefisien regresi positif yang membuktikan kontribusinya terhadap produktivitas kerja (Y) pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asahan dalam model regresi ini. Pengujian secara serempak menunjukkan bahwa nilai Fhitung (403,502) lebih besar dibandingkan dengan nilai Ftabel (2,96), dan sig. α (0,000a) lebih kecil dari alpha 5% (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa variabel budaya organisasi, pelatihan dan kepuasan kerja secara serempak berpengaruh terhadap produktivitas kerja pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asahan.Pengujian secara parsial diperoleh hasil untuk budaya organisasi (5,157), pelatihan (2,339) dan kepuasan kerja (3,625). Dengan demikian secara parsial pengaruh yang dominan terhadap produktivitas kerja pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asahan adalah variabel budaya organisasi.

 

Kata Kunci : Budaya Organisasi, Pelatihan, Kepuasan Kerja,  Produktivitas Kerja


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36294/jse.v2i1.2262

DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/jse.v2i1.2262.g1732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan

Jl. Ahmad Yani No. 1, Kisaran , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21214, Indonesia

Email:jurnalsainsekonomi@gmail.com