PENGARUH IKLIM ORGANISASI, ROTASI KERJA DAN MUTASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA TANJUNGBALAI

Fatmawati, Normansyah

Abstract


Abstrak

                                                                          

Populasi adalah seluruh pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Tanjungbalai yaitu 32 pegawai dan ditetapkan jumlah sampel dari seluruh populasi yang ada yaitu sebanyak 32 pegawai.

Berdasarkan persamaan linier berganda yang diperoleh sebagai berikut bahwa Ŷ   = 1,401+ 0,256 X1 + 0,449 X+ 0,865 X3 + e. Pada persamaan tersebut dapat dilihat bahwa iklim organisasi (X1), rotasi kerja (X2) dan mutasi kerja (X3) mempunyai koefisien regresi positif yang membuktikan kontribusinya terhadap produktivitas kerja (Y) pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Tanjungbalai dalam model regresi ini. Pengujian secara serempak menunjukkan bahwa nilai Fhitung (272,891) lebih besar dibandingkan dengan nilai Ftabel (2,95), dan sig. α (0,000a) lebih kecil dari alpha 5% (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa variabel iklim organisasi, rotasi kerja dan mutasi kerja secara serempak berpengaruh terhadap produktivitas kerja pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Tanjungbalai. Pengujian secara parsial diperoleh hasil untuk iklim organisasi (2,485), rotasi kerja (3,620) dan mutasi kerja (5,440). Dengan demikian secara parsial pengaruh yang dominan terhadap produktivitas kerja pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Tanjungbalai adalah variabel mutasi kerja.

 

Kata Kunci : Iklim Organisasi, Rotasi Kerja, Mutasi Kerja,  Produktivitas Kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.