PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, LOKASI, CITA RASA DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN CAP GO CAN KOTA TANJUNG BALAI

Candra Mahendra, Bati, Hilmiatus Sahla

Abstract


                                                                   Abstrak

 

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan, lokasi, cita rasa, dan harga secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada RM. Cap Go Can di Kota Tanjung Balai.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk RM. Cap Go Can di Kota Tanjung Balai.  Populasi didapat sebanyak 20.860 konsumen selama setahun.  Teknik pengambilan sampel menggunakan ramdom sampling dengan rumus Slovin sampel didapat berjumlah 100 konsumen.  Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis menggunakan Uji-F secara simultan dan Uji-t secara parsial dengan taraf signifikan 5% dan Uji Koefisien Determinasi R2. Hasil penelitian analisis regresi linier berganda Y = 3,044 + 0,139 X1+ 0,627 X2 + 0,342 X3 +0,228 + e, Uji secara simultan (uji-F) menunjukkan bahwa Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan, lokasi, cita rasa, dan harga berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai Fhitung49,009> Ftabel2,31 dengan nilai signifikan 0,000<0,05.  Secara parsial (uji-t) menunjukkan bahwa Ha ditolak dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas Konsumen dengan nilai thitung1,252<ttabel1.985 dengan nilai signifikan 0,214>0,05, Lokasi berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas konsumen dengan nilai thitung4.510>ttabel1.985 dengan nilai signifikan 0,000<0,05,cita rasa berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas konsumen dengan nilai thitung2,229 >ttabel1.985 dengan nilai signifikan 0,028<0,05, harga tidak berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas konsumen dengan nilai thitung1,635 <ttabel1.985 dengan nilali signifikan 0,105>0,05. Koefisien Determinasi R2 sebesar 66.0% variabel kualitas pelayanan, lokasi, cita rasa dan harga mempengharui loyalitas konsumen pada R.M Cap Go Can di Kota Tanjung Balai.Sementara sisanya 34% tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci : Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Cita Rasa dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36294/jse.v2i1.2260

DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/jse.v2i1.2260.g1730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan

Jl. Ahmad Yani No. 1, Kisaran , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21214, Indonesia

Email:jurnalsainsekonomi@gmail.com