PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG SABUN LIFEBUOY (Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Rahuning)
Abstract
Abstrak
Tujuan Penelitian untuk mengetahui Kepercayaan Merek, Kualitas Produk dan Harga berpengaruh secara parsial dan simultan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Sabun Lifebuoy (Studi Kasus Pada Masyarakat Kecamatan Rahuning). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah Kepercayaan Merek, Kualitas Produk dan Harga berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap Keputusan Pembelian Ulang Sabun Lifebuoy (Studi Kasus Pada Masyarakat Kecamatan Rahuning). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini keseluruhan Masyarakat Kecamatan Rahuning yang berjumlah 126 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode non probability sampling yaitu convenience sampling yang berjumlah 96 responden. Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data menggunakan daftar pertanyaan (kuesioner) wawancara (interview), serta observasi. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh hasil bahwa Kepercayaan Merek, Kualitas Produk, dan Harga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk sabun Lifebuoy (Studi kasus Masayarakat Kecamatan Rahuning) Hasil Uji f diperoleh nilai Fhitung 22,470 dengan nilai sig. 0,000. Sedangkan Ftabel sebesar 2,70 dengan α 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel Kepercayaan Merek, Kualitas Produk dan Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Ulang, karena Fhitung>Ftabel (22,470 > 2,70) sig. penelitian (0,000 < 0,05). Kepercayaan Merek, berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian Ulang produk sabun Lifebuoy (Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Rahuning) dengan nilai thitung>ttabel(6,332) > (1,988) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kualitas Produk berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian Ulang produk sabun Lifebuoy (Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Rahuning dengan nilai thitung> t tabel(2,394) > (1,988) dan nilai signifikansi 0,019 <0,05. Harga berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Ulang produk sabun Lifebuoy (Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Rahuning) dengan nilai thitung>ttabel(2,716) > (1,988) dan nilai signifikansi 0,008 < 0,05.
Kata Kunci : Kepercayaan Merek, Kualitas Produk, Harga dan Keputusan Pembelian Ulang
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36294/jse.v2i1.2257
DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/jse.v2i1.2257.g1727
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
Gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan
Jl. Ahmad Yani No. 1, Kisaran , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21214, Indonesia
Email:jurnalsainsekonomi@gmail.com