PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, TARIF PREMI DAN IMAGE TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA ASURANSI PT. ASKRINDO (PERSERO) CABANG KISARAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, tarif premi dan image secara simultan dan secara parsial terhadap kepuasan nasabah pada Asuransi PT. Askrindo (Persero) Cabang Kisaran. Rumusan masalah penelitian, yaitu bagaimana pengaruh kualitas pelayanan, tarif premi dan image terhadap kepuasan nasabah pada Asuransi PT. Askrindo (Persero) Cabang Kisaran? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sedangkan sifatnya adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Askrindo (Persero) Cabang Kisaran Sumatera Utara, dengan sebagai populasi dan sampel yaitu para nasabah pada asuransi tersebut. Adapun jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan teknik kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi. Metode analisis data terdiri analisis deskriptif dan analisis regresi linier
berganda, dan dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan uji simultan dan uji parsial. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan nasabah pada Asuransi PT. Askrindo (Persero) Cabang Kisaran. Hasil ini disimpulkan berdasarkan hasil uji parsial variabel Kualitas Pelayanan (X1) yang memperoleh nilai t hitung (2,454) > t tabel (1.66140) dan tsig (0,016) < α (0,05); (2) Tarif Premi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan nasabah Asuransi pada PT. Askrindo (Persero) Cabang Kisaran. Hal ini disimpulkan berdasarkan hasil uji parsial variabel Tarif Premi (X2) yang memperoleh nilai t hitung (2,403) > t tabel (1.66140) dan tsig (0,018) < α (0,05); (3) Image berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan nasabah Asuransi pada PT. Askrindo (Persero) Cabang Kisaran. Hal ini disimpulkan berdasarkan hasil uji parsial terhadap variabel Image (X3) yang memperoleh nilai t hitung (2,702) > t tabel (1.66140) dan tsig (0,008) < α (0,05); dan (4) Kualitas pelayanan, tarif premi dan image berengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan nasabah pada Asuransi PT. Askrindo (Persero) Cabang Kisaran. Hal ini disimpulkan berdasarkan hasil uji simultan yang mana memperoleh nilai Fhitung (69,354) > Ftabel (2,70) dan Probabilitas (sig) (0,000) < α (0,05).
Kata kunci: Kualitas pelayanan, tarif premi, image, kepuasan nasabah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36294/jse.v1i1.1323
DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/jse.v1i1.1323.g1129
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
Gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan
Jl. Ahmad Yani No. 1, Kisaran , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21214, Indonesia
Email:jurnalsainsekonomi@gmail.com