MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MEDIA GAMBAR

Rosdawanti Rosdawanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang Gelugur Kabupaten Pasaman melalui penggunaan media gambar dalam model pembelajaran project based learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang Gelugur dengan jumlah partisipan sebanyak 36 siswa. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi adalah 75,31 dengan persentase ketuntasan sebesar 44%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 89,84 dengan persentase ketuntasan mencapai 100%. Peningkatan ini juga terlihat pada setiap aspek penilaian, seperti kesesuaian isi laporan dengan gambar, kelengkapan struktur teks, kelengkapan kaidah bahasa, dan ketepatan penggunaan EYD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran project based learning dapat secara efektif meningkatkan keterampilan menulis siswa. Model pembelajaran ini membantu siswa dalam mengembangkan ide dan menyusun teks laporan hasil observasi dengan lebih baik dan sesuai dengan kaidah yang berlaku. Dengan demikian, metode ini dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam pembelajaran menulis di sekolah menengah atas.


Full Text:

PDF

References


Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 43–52.

Hendriani, A. A. I. (2019). Pengaruh pemanfaatan media audio visual terhadap kemampuan menulis cerpen ditinjau dari motivasi belajar bahasa indonesia siswa kelas vii smp pgri 9 denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(1), 22–34.

Ningsih, I. S., Fatimah, A. E., & Figna, H. P. (2023). Pengembangan Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Amaliyah. Jurnal Sains Dan Teknologi, 4(3), 76–83.

Putri, A. L., Yulistio, D., & Utomo, P. (2021). Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 3 Seluma. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 45–51.

Sari, E. P., Trianto, A., & Utomo, P. (2020). Kesulitan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viismpnegeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 292–302.

Sari, N. A., Fauziyani, W., Widyatma, Y. V., Pratama, R. A., & Ulia, M. (2024). Kemampuan Menulis Aksara Jawa Pada Siswa Kelas IV SD 4 Gondangmanis Kec. Bae Kabupaten Kudus. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(6), 78–87.

Shoimah, R. N., Syafi’aturrosyidah, M., & Hadya, S. (2021). Penggunaan media pembelajaran konkrit untuk meningkatkan aktifitas belajar dan pemahaman konsep pecahan mata pelajaran Matematika siswa kelas III MI Ma’arif Nu Sukodadi-Lamongan. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 1–18.

Simanjuntak, H., Saragih, A. F., & Panggabean, S. (2023). Hubungan Penguasaan Struktur Kalimat Dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa SMP Negeri 14 Medan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 480–490.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media pembelajaran: buku bacaan wajib dosen, guru dan calon pendidik. Pustaka Abadi.

Wardani, D. R. (2021). Penerapan Model Think Talk Write dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sanden. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 202–211.

Wibawa, B. (2003). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, 2572–2721.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats