DAMPAK PROGRAM LITERASI DIGITAL TERHADAP KINERJA AKADEMIK DI SEKOLAH DASAR

Khairun Nisa

Abstract


Penelitian ini mengevaluasi dampak program literasi digital terhadap kinerja akademik siswa sekolah dasar menggunakan pendekatan metode campuran. Sebanyak 30 siswa dari satu sekolah dasar dipilih sebagai partisipan. Data kuantitatif dikumpulkan melalui tes akademik sebelum dan sesudah program, sedangkan data kualitatif diperoleh dari wawancara dengan guru dan siswa.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam nilai rata-rata siswa di mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS setelah mengikuti program literasi digital. Data kuantitatif mengungkapkan peningkatan nilai rata-rata yang signifikan, sementara data kualitatif menunjukkan bahwa siswa merasa lebih termotivasi dan tertarik dalam belajar menggunakan teknologi digital. Keterbatasan penelitian ini termasuk jumlah sampel yang terbatas dan jangka waktu pengamatan yang singkat. Penelitian ini mengisi celah dalam literatur dengan memberikan pemahaman lebih mendalam tentang dampak program literasi digital melalui pendekatan metode campuran. Temuan ini mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan pentingnya literasi digital dalam pendidikan dasar dan menekankan perlunya program yang lebih terstruktur dan sistematis. Penelitian lanjutan dengan sampel yang lebih besar dan periode pengamatan yang lebih panjang diperlukan untuk mengeksplorasi dampak jangka panjang dari program ini.


Full Text:

PDF

References


Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research methods in education (8th ed.). Routledge.

Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2017). Designing and conducting mixed methods research (3rd ed.). SAGE Publications.

Darwanto, D., & Putri, A. M. (2021). Penguatan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi pada pembelajaran di sekolah dasar: (sebuah upaya menghadapi era digital dan disrupsi). Eksponen, 11(2), 25-35. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381

Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran transformatif berbasis literasi dan numerasi di sekolah dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(1), 1284-1291. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11137

Gilster, P. (1997). Digital literacy. Wiley Computer Pub.

Ifrida, F., Huda, M., Prayitno, H. J., Purnomo, E., & Sujalwo. (2023). Analisis penerapan program peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.94

Meliyanti, M., Raraswati, P., Hidayat, D. N., & Aryanto, S. (2021). Kajian literatur: Perkembangan literasi dan numerasi di lingkungan keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504-6512. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1973

Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2016). Qualitative research: A guide to design and implementation (4th ed.). Jossey-Bass.

Ng, W. (2012). Can we teach digital natives digital literacy? Computers & Education, 59(3), 1065-1078. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.04.016

Pratiwi, S. G., & Hidayah, Y. (2021). Implementasi pendidikan hak asasi manusia dalam dunia pendidikan sekolah dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 376-380. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1717

Rahmasari, U. D. (2022). Persepsi guru mengenai pentingnya kemampuan mengembangkan soal tes berbasis literasi dan numerasi di sekolah dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(6), 1105-1112. http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i6.12345

Suryadien, D., Dini, R., & Dewi, A. A. (2022). Rencana implementasi kurikulum prototipe pada masa pandemi COVID-19 di Indonesia. Jurnal Pgmi Uniga, 1(01), 27-34. https://journal.uniga.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1754

UNESCO. (2020). Global education monitoring report 2020: Inclusion and education: All means all. UNESCO. https://en.unesco.org/gem-report/report/2020/inclusion

Wahyuni, F. P. N., & Tranggono, D. (2023). Upaya dalam meningkatkan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi siswa melalui program kampus mengajar 4 di SMP Widya Gama Mojosari. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 125-133. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i1.128


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats