PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL

Lidiya Syafari, Rina Hayati Maulidiah, Yeni Agustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas X TKJ di SMKS Dharma Maitreya Bengkalis melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan metode pengamatan langsung dengan bantuan media audiovisual. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ, dengan fokus utama pada peningkatan keterampilan menulis puisi yang diukur berdasarkan aspek kesesuaian judul dan tema, penggunaan diksi, rima, tipografi, dan makna atau amanat puisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dan penggunaan media audiovisual efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Terdapat peningkatan signifikan pada nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II, serta peningkatan antusiasme, partisipasi, dan respons positif siswa terhadap pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa kombinasi model pembelajaran PjBL dan media audiovisual dapat menjadi pendekatan inovatif dan efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi, sekaligus memotivasi siswa untuk lebih terlibat dan kreatif dalam proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Asmara, A., Judijanto, L., Hita, I. P. A. D., & Saddhono, K. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Kreativitas pada Anak Usia Dini? Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7253–7261.

Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (Pjbl) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49–60.

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas model pembelajaran tipe group investigation (gi) dan cooperative integrated reading and composition (circ) dalam meningkatkan kreativitas berpikir kritis dan hasil belajar ips siswa kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217–230.

Handayani, F., Aminah, A., & Mohzana, M. (2023). Keterampilan Menulis Siswa Kelas X Menggunakan Media Aplikasi Speech to Text pada Gawai. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 7(1), 187–201.

Hidayatullah, M. Z., Aminah, A., & Mohzana, M. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Minat dan Kemampuan Siswa Menulis Teks Rekon dengan Media Audio Visual. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 7(1), 212–229.

Machali, I. (2022). Bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru. Ijar, 1(2), 2012–2022.

Muttaqien, F. (2017). Penggunaan media audio-visual dan aktivitas belajar dalam meningkatkan hasil belajar vocabulary siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kelas x (Quasy experiment: SMAN 8 Garut). Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1).

Pramestisiwi, A. D. (2017). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mengajar pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Mater Alma Ambarawa. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW.

Pranata, K., Kartika, Y. W., & Zulherman, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita. Jurnal Basicedu, 5(3), 1271–1276.

Rizkiana, S., & Widiyati, M. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Argumentasi Melalui Strategi Think Talk Write Berbasis Media Audio Visual Di Sma. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 1295–1304.

Sumarsono, P., Inganah, S., & Iswatiningsih, D. (2020). Belajar dan Pembelajaran di Era Milenial (Vol. 1). UMMPress.

Widananta, M. (2023). Sastra dalam pendidikan berkarakter: Mewujudkan pembelajaran yang berarti. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(3), 74–82.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats