PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA

Elfira Rahmadani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dalam menggunakan model Contextual Teaching Learning (CTL)  terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi geometri kelas X MAN Asahan Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pre-test dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian ada 2 kelas yaitu kelas X IPA-3 dan X IPA-4 yang diambil secara cluster random sampling. Pada kelas X IPA-3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model Contextual Teaching Learning (CTL)  dan kelas X IPA-4 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Interaction). Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 83,7 dan kelas kontrol 70,2. Hasil uji t diperoleh  maka disimpulkan bahwa  terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang diajar menggunakan model pengajaran langsung (Direct Intructon) pada materi geometri.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v4i1.797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.