Pengaruh Penggunaan Media Wordwall Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas III di SD Swasta Cahaya Pengharapan Abadi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group. Sampel penelitian terdiri dari 64 siswa yang dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, dan tes, dengan analisis data yang dilakukan menggunakan independent T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Wordwall berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Media Wordwall terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi matematika, khususnya pada topik satuan waktu.
Full Text:
PDFReferences
Afrianto, A., Rahmanto, Y., Wahyudin, A. Y., Fatriana, N., Damayanti, S., & Kinanti, A. P. (2023). Games for Education: Peningkatan Kemampuan Digital Guru Di SMK Amal Bakti, Jatimulyo. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 2(2), 119-127.
Zulfa, S. A., Nuswowati, M., & Sutomo, S. (2024, May). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik apda Pembelajaran IPA Tingkat SMP. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas (pp. 1467-1473).
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80.
Haryadi, R., Nuraini, H., & Kansaa, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. AtTàlim : Jurnal Pendidikan, 7(1), 2548–4419.
Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884–6892.
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28.
Norjanah. (2022). Kompetensi guru matematika dalam mengembangkan kompetensi matematis siswa SDN Karya Makmur Tabukan. Januari: Journal Islamic Education, 1(1), 33–39.
Nurdin, M., Dewi, R., & muniyati, sri uni. (2023). Pengaruh Penggunaan Media interaktif Berbasis Wordwall terhadap hasil belajar IPS : Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Negeri 14 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Global Journal Basic Education, 2(1), 69–78.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Safna, A., & Asriati, W. W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelas Viii Di Smp Negeri 43 Medan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidian Matematika, 10(2), 23–29.
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397.
Sinaga, Y. M., & Soesanto, R. H. (2022). Upaya Membangun Kedisplinan melalui Media Wordwall dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1845–1857.
Widarta. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Educational Development, 11(2), 1–23.
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v9i1.4539
Refbacks
- There are currently no refbacks.