Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together

Candra Widodo

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh pembelajaran masih bersifat individual. Selain itu, model pembelajaran masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi trigonometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 2 SMA Swadaya Pulau Rakyat sebanyak 47 orang. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada materi trigonometri dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together.Berdasarkan hasil penelitian, setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat 38 orang (80,85%) dari 47 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 73,57. Oleh karena itu kelas tersebut belum mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu kurang dari 85% siswa yang telah mencapai KKM. Dan pada siklus II terdapat 41 orang (87,23%) dari 47 orang yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 78,70. Maka dari itu kelas tersebut telah mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu lebih dari 85% yang telah mencapai KKM. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi trigonometri.

Kata kunci: Trigonometri, Model Pembelajaran Numbered Head Together


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. PT. Rineka Cipta.

Arjuniwati. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Peluang Mata Pelajaran Matematika Kelas XII. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 1–13. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/197

Asrori, M. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. CV. Wacana Prima.

Erfan, M., Sari, N., Suarni, N., Maulyda, M. A., & Indraswati, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Tema Perkalian Dan Pembagian Pecahan. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 108. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.588

Jafar, A. F. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Al Asma : Journal of Islamic Education, 3(2), 190. https://doi.org/10.24252/asma.v3i2.23748

Kurniawan, N. (2023). Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menghitung Faktor Persekutuan Terbesar (Fpb) Kelas Iv Sdn Gunungsari 04 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(2), 1128–1151.

Manafe, M. H., Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2022). Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Jurnal Basicedu, 6(3), 3279–3284. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2544

Meliana, Dedy, A., & Budilaksana, R. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Rendahnya Hasil Belajar. Journal on Education, 05(03), hlm 9357.

Musdiani. (2019). Analisis Model Pembelajaran terhadap Cara Mengajar Guru untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Penggolongan Hewan di Kelas V SD Pante Cermin. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 60.

Nur, M. (2005). Pembelajaran Kooperatif. Pusat Sains dan Matematika UNESA.

Sa’idah, P. N., Faizah, A. N., & Isnaina, Z. (2022). Peranan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Motivasi Belajar IPA di SD. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 9(2), 57–66. https://doi.org/10.17509/jppd.v9

Syarif, M. (2022). Pengembangan Metode Cooperatif Tipe Numbered Head Together dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 29–39.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana Prenada Media Group.

Widiani, N. L. (2021). Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 5(4), 537. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39475

Yusuf Hidayat, M., Nenyhindarwaty, A. A., & Nur, F. (2020). Analisis Penentuan Standar Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (Kkm) Mata Pelajaran Fisika Kelas Xi Sman 17 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 2355–5785. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v9i1.4513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.