PENINGKATAN PENGUASAAN KOMBINATORIK PADA MATA KULIAH PROBABILITAS DENGAN MENGGUNAKAN COMBINATION BOX
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan penguasaan kombinatorik mahasiswa dan mengetahui respon mahasiswa terhadap alat peraga combination box. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika semester II Universitas Asahan Tahun Akademik 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan adalah two group pretest dan posttest yaitu melibatkan dua kelas. Kelas eksperimen yaitu kelas yang diajar dengan menggunakan alat peraga combination box dan kelas kontrol yaitu kelas yang diajar tanpa menggunakan alat peraga atau dengan pembelajaran konvensional. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah peningkatan penguasaan kombinatorik mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan alat peraga combination box lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
Kata kunci : combination box, Pengasaan Kombinatorik
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, M.N, Sumintono, B., dan Ismail, Z. 2014. Pemahaman Mahasiswa Pada Pokok Bahasan Peluang: Studi Kasus Di Satu Sekolah Menengah Di Johor Bahru, Malaysia. Jurnal Pengajaran MIPA.(19). 19-28
Anthony, G. & Walshaw M. 2009. Characteristics of Effective Teaching of Mathematics: A View From the West. Journal of Mathematics Education. 2 (2): 147-164.
Arsyad, Azhari. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Asnawir dan Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Djamarah, B.S.2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Halim, A. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Mahasiswa Smpn2 Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Pps Unimed (2) 141-158.
Halim, A. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Mahasiswa Smpn 2 Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Tabularasa Pps Unimed. 9 (2): 141-158.
Hamalik, O. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Bumi Aksara.
Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Penerbit Universitas Malang.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar
Riyana, Cepi. dan Susilana, Rudi. 2009. MEDIA PEMBELAJARAN: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV WACANA PRIMA.
National Research Council (1989). Everybody Counts: A Report to the National on the Future of Mathematics Education, Washington, DC: National Academy Press
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v3i1.383
Refbacks
- There are currently no refbacks.