INTERAKSI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN DENGAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIK SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematik siswa terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Jenis penelitian ini adalah semi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Al-Istiqomah Kec. Tanah Jawa. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas eksperimen yaitu kelompok eksperimen 1 kelas X SMK TKJ dengan jumlah 34 orang dan kelompok Eksperimen 2 kelas X TKR dengan jumlah 34 orang. Hasil analisis data terhadap tes kemampuan awal, tes kemampuan komunikasi matematis siswa menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Selanjutnya untuk menjawab rumusan masalah digunakan ANAVA dua jalur. Dari hasil perhitungan ANAVA didapat kesimpulan bahwa: Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Kata kunci: Interaksi, kemampuan Awal, komunikasi matematisFull Text:
PDFReferences
Anim. 2016. Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Autograph.jurnal mathematics paedagogic.Vol I. No. 1, september 2016, pg. 63 – 70. Available online at www.jurnal.una.ac.id/indeks/jmp.
Johnson, E.B. 2002. Contextual Teaching and Learning (what it is and why it’s here to stay). California Thousand Oaks: Corwin Press, Inc
Multina, Mega. 2016. Perbedaan Kemampuan Penalaran dan Disposisi Matematis antara Siswa yang Diberi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pembelajaran Bersiklus di MTsN Lhokseumawe. Medan: Tesis. Universitas Asahan
NCTM. 2000. Principles and standards for school mathematics. Virginia: United States of America. WASBN 0-87353-480-8
Rahma, A.A. 2013. Pengaruh Model Siklus Belajar Berbantuan Mind Map terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau dari Kinerja Laboratorium Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rejoso Kabupaten Pasuruan. Jurnal Pendidikan Sains. Vol. 1, No. 2
Retna, M, Lailatul, M, dan Suhartatik. 2013. Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, Vol. 1, No. 2. ISSN: 2337-8166
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v3i1.382
Refbacks
- There are currently no refbacks.