PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MATEMATIKA REALISTIK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar antara siswa yang diberi pendekatan PBM dan PMR. (2) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi yang signifikan antara pembelajaran matematika (PBM, PMR) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Analisis data dilakukan dengan Uji analisis varian dua jalur (ANAVA). Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar antara siswa yang diberi pendekatan PBM dan PMR. (2) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara pembelajaran matematika (PBM, PMR) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Pendidikan Matematika Realistik Kemampuan Pemecahan Masalah
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Dimyati, Mujiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Husna, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa SMP Kelas VII Langsa. Jurnal Pendidikan Matematika Paradigma Vol. 6 No. 2 Edisi Desember 2013.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Sugijono. Adinawan. (2007). Mate-matika Untuk SMP kelas VII 1B. Jakarta : Erlangga
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Pro-gresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Uno, H.B. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v3i1.380
Refbacks
- There are currently no refbacks.