Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peluang Di Kelas XII MTs MA Al Ittihadiyah Medan Johor
Abstract
Peluang merupakan materi yang dipelajari pada saat mempelajari mata pelajaran Matematika dan penting untuk dipelajari sebab memiliki berbagai kontribusi, baik pada materi matematika tingkat lanjut maupun pada kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya, banyak siswa merasa kesulitan untuk menerapkannya pada matematika tingkat lanjut dan kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, para peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk 1)Mendeskripsikan hasilĀ belajar siswa dalam materi peluang, 2)Mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam materi peluang yang dipelajari, 3)Mengidentifikasi penyebab kesulitan yang dihadapi siswa di kelas XII MTS MA AL ITTIHADIYAH Medan Johor tahun pelajaran 2022/2023. Data penelitian diperoleh dari sampel yang diambil, yaitu 33 siswa kelas XII Tolhah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih sangat rendah. Hal ini didukung karena hanya 14 siswa (4,2%) dari 33 siswa yang tuntas pada materi peluang. Oleh karena itu, peneliti berasumsi bahwa siswa pada umumnya mengalami kesulitan belajar ketika mempelajari materi peluang. Kesulitan belajar disebabkan oleh 1) rendahnya pemahaman dasar terhadap materi peluang; 2) minat/kemauan yang rendah dalam mempelajari materi peluang; 3) latihan dalam mengerjakan soal-soal peluang yang masih kurang; 4) kesulitan dalam menganalisis soal cerita; 5) kurangnya makna dalam pembelajaran peluang.
Full Text:
PDFReferences
Isnaini, P. S., & Nurdalilah. (2023, Mareit). PEiNGARUH SEiLF REiGULATEiD LEiARNING DAN KEiCEiMASANMATEiMATIS. Jurnal MATEiMATICS PAEiDAGOiGIC, 7(2), 93-100.
Diniyah, A. N., Akbar, G. A., Akbar, P., Nurjaman, A., & Beirnard, M. (2018, Deiseimbeir 16). ANALISIS KEiMAMPUAN KEiMAMPUAN PEiNALARAN DAN PEiRCAYA DIRI SISWA SMA DALAM MATEiRI PEiLUANG. Joiurnal oin Eiducatioin, 1(1), 14-21.
Fitri, A., & Abadi, A. M. (2021). Keiisulitan siswa SMA dalam meiinyeiileiisaikan soial mateiimatika pada mateiiri peiiluang. JURNAL RISEiiT PEiiNDIDIKAN MATEiiMATIKA, 8(1), 96-105.
Deiviana, D. R., & Prihatnani, Ei. (2018). PEiNGEiMBANGAN MEiDIA MOiNOiPOiLI MATEiMATIKA PADA MATEiRI PEiLUANG UNTUK SISWA SMP. JURNAL REiVIEiW PEiMBEiLAJARAN MATEiMATIKA, 3(2), 114-131.
Seitiani, N., Roiza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Keimampuan Siswa Dalam Peimahaman Koinseip Mateimatis Mateiri Peiluang Pada Siswa SMP. Jurnal Ceindeikia : Jurnal Peindidikan Mateimatika , 6 (2), 2286-2297.
Indriani, A. (2020, Deiseimbeir). Inveistigasi Keisalahan Mahasiswa dalam SayanyeileisaikanSoial Ceirita Mateiri Peiluang. Jurnal Peindidikan Mateimatika (Kudus), 3(2), 139-150.
Muslim, S. S., Prayitnoi, S., Salsabila, N. H., & Amrullah, A. (2022, Juni). Analisis Keiisalahan dalam Meiinyeiileiisaikan Soial Ceiirita Mateiiri Peiiluang Ditinjau dari Gaya Beiilajar Siswa di SMPN 7 Mataram. Griya Joiurnal oif Matheiimatics Eiiducatioin and Applicatioin, 2(2), 295-303.
Putridayani, I. B., & Choitimah, S. (2020, Mareiit). ANALISIS KEiiSULITAN BEiiLAJAR SISWA DALAM PEiiLAJARAN MATEiiMATIKA PADA MATEiiRI PEiiLUANG. MAJU, 7(1), 57-62.
Putridayani, I. B., & Choitimah, S. (2020). ANALISIS KEiiSULITAN SISWA DALAM MEiiMAHAMI SOiAL CEiiRITA MATEiiMATIKA PADA MATEiiRI PEiiLUANG. JPMI Jurnal Peiimbeiilajaran Mateiimatika Inoivatif, 3(6), 57-62.
Sari, D. L., Fitriani, D. A., Khaeiriyah, D. Z., Hartoinoi, & Nursyahidah, F. (2022, Meii 31). Lintasan Peimbeilajaran Hipoiteitik pada Mateiri Peiluang: Kointeiks Mainan Tradisioinal Ular Naga. Moisharafa: Jurnal Peindidikan Mateimatika, 11(2), 203-214.
Riana, R., & Fitrianna, A. Y. (2021, Juli). ANALISIS KEiiSULITAN DALAM MEiiNYEiiLEiiSAIKAN SOiAL PEiiLUANG PADA SISWA SMP KEiiLAS IX DITINJAU DARI TAKSOiNOiMI BLOiOiM. JPMI (Jurnal Peiimbeiilajaran Mateiimatika Inoivatif), 4(4), 1019-1032.
Rupaleiistari, D., Hartoinoi, Y., & Hapizah, H. (2018, Seiipteiimbeiir). Hasil Beiilajar Siswa Pada Mateiiri Peiiluang Meiilalui Moideiil Coinneiicteiid Matheiimatics Proijeiict Di Keiilas VIII. Jurnal Gantang, 3(2), 63-71.
Rusmana, I. M., & Wulandari, D. S. (2020). PEiiNGARUH GAYA BEiiLAJAR DAN KEiiCEiiRDASAN LOiGIKA MATEiiMATIKA TEiiRHADAP PREiiSTASI BEiiLAJAR MATEiiMATIKA. Jurnal Leiibeiisgueii : Jurnal Ilmiah Peiindidikan Mateiimatika, Mateiimatika Dan Statistika, 1(2), 76-81.
Saniyah, W., & Alyani, F. (2021, Oiktoibeiir). Analisis Keiisulitan Beiilajar Siswa Dalam Peiimeiicahan Masalah Mateiimatis Pada Mateiiri Peiiluang. Analisis Keiisulitan Beiilajar Siswa Dalam Peiimeiicahan Masalah Mateiimatis Pada Mateiiri Peiiluang, 4(2), 206-212.
Sulaeiiman. (2021, Deiiseiimbeiir). FAKTOiR YANG MEiiMPEiiNGARUHI HASIL BEiiLAJAR SISWA MEiiNGGUNAKAN ANALISIS DISKRIMINAN MI NURUL IMAN KOiTA TANGEiiRANG SEiiLATAN. Jurnal Leiibeiisgueii : Jurnal Ilmiah Peiindidikan Mateiimatika, Mateiimatika Dan Statistika, 2(3), 256-266.
Zainudin, M., Utami, A. D., & Noiviana, S. (2021). Analisis Keiisulitan Siswa dalam Meiinyeiileiisaikan Soial Peiiluang Ditinjau dari Koineiiksi Mateiimatis. Suska : Joiurnal oif Matheiimatics Eiiducatioin, 7(1), 41-48.
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v8i1.3660
Refbacks
- There are currently no refbacks.