PENGARUH KEMAMPUAN KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS TEHADAP HASIL BELAJAR SISWA di MAN 1 TRENGGALEK

Muhammad Kharis Alwi

Abstract


Penelitian ini berttujuan untuk  mendeskripsikan pengaruh keampuan koneksi dan komunikasi matematis  terhadap hasil belajar siswa keas XII MIA di MAN 1 Trenggalek.  Poulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIA 8 di MAN 1 Trenggalek tahun ajaran 2017-2018.  Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan sampling  jenuh atau sensus. Sampel peneitian adalah seluruh siswa kelas XII MIA 8   berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil  penelitian yaitu: (1) Kemampuan koneksi matematis berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. (2) Kemampuan komunikasi matematis tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. (3) kemampuan koneksi dan komunikasi berpengaruh sigifikan secara bersama sama terhadap hasil belajar siswa

Kata Kunci: Komunikasi matematis; Koneksi Matematis; Hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Anim. 2016. Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Keman-dirian Belajar Siswa Menggunakan Autograph. jurnal mathematics paedagogic vol I(1): 63-70.

Anim. 2018. Effort Increasing Mathematic Connection Students Using Problem Possing Model Assistance Software Autograph.proceedingof the 11th International workshop and conference of asean studies in linguistic, and arabic education, social sciences and educational technology 2018.hal. 556-560

Arikunto, Suharsimi.2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Gunawan, Ridwan Panji. 2013. Kemam-puan Kmunikasi Matematis.[on-line]. http://proposalmatematika23.blogspot.com [di akses 1 juni 2018]

Mulyasa. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

National Council of Teacher of Mathe-matics. 1989. NCTM Curriculum and Evaluation Standards for school mathematics. [on-line]. http://www.-nctm.org/focalpoints

Sari, Nilam. “Jurnal MATEMATICS PAEDAGOGIC” II, no. 2 (2018): 96–102.

Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontem-porer (Edisi Revisi). Bandung: JICA UPI.

Sumarmo, U. (1994). Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi matematika pada Guru dan Siswa SMP. Laporan penelitian IKIP Bandung. Bandung: tidak diterbitkan




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v3i1.308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.