PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN SELF-EFFICACY SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP

meirisa sahanata, Kamid kamid, Syaiful Syaiful

Abstract


Quasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Educaton (RME) dan self-efficacy siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP, teknik sampling yang digunakan adalah Nonprobability Sampling dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIIA dan VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen soal tes untuk melihat hasil belajar matematika siswa dan angket self-efficacy untuk melihat tingkat self-efficacy siswa. Analisis data dilakukan dengan uji statistik anova dua jalur dan uji lanjut dengan menggunakan uji tukey. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran dan self-efficacy siswa secara bersama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII. Tidak terdapat pengaruh self-efficacy siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP dan terdapat interaksi antara pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan self-efficacy siswa dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP.
Kata kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Self-Efficacy, Hasil Belajar matematika Siswa

 

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Ayotolla, A. & Adedeji, T. 2009. The

relationship between mathematics

self-efficacy and achievement in

mathematics. Procedia Social and

Behavioral Sciences 1 (2009) 953–

Bandura, A., & Adams, N.E. 1997. Analysis

of Self-Efficacy Theory of

Behavioral Change. Cognitive

Therapy and Research, VoL 1, No.

, 1977, pp. 287-310

Hadi, S. 2017. Pendidikan matematika

Realistik Teori, Pengembangan, dan

Implementasinya. Jakarta: Rajawali

Pers

Sapta, A., Syahputra, E. & Hamid K., A.

The Use of Reward in

Improving Self-Efficacy. Advances

in Social Science, education and

Humanities Research, 2nd Anuual

International Seminar on

Transformative Education and

Educational Leadership. 104: 99 –

Sapta, A. 2018. Use of Edmodo In

Improving Self-Efficacy. Prosiding

Universitas Medan Area, 1(1).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian

kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. 2014. Metodologi Penelitian.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zakaria. E., & Syamaun. M. 2017. The

Effect of Realistic Mathematics

Education Approach on Students’

Achievement And Attitudes

Towards Mathematics. International

Scientific Publications and

Consulting Services (ISPCS).

Mathematics Education Trends and

Research, 2017, No.1, 32-40




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v3i1.305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.