PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN SELF-EFFICACY SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP
Abstract
Quasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Educaton (RME) dan self-efficacy siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP, teknik sampling yang digunakan adalah Nonprobability Sampling dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIIA dan VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen soal tes untuk melihat hasil belajar matematika siswa dan angket self-efficacy untuk melihat tingkat self-efficacy siswa. Analisis data dilakukan dengan uji statistik anova dua jalur dan uji lanjut dengan menggunakan uji tukey. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran dan self-efficacy siswa secara bersama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII. Tidak terdapat pengaruh self-efficacy siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP dan terdapat interaksi antara pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan self-efficacy siswa dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP.
Kata kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Self-Efficacy, Hasil Belajar matematika Siswa
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Ayotolla, A. & Adedeji, T. 2009. The
relationship between mathematics
self-efficacy and achievement in
mathematics. Procedia Social and
Behavioral Sciences 1 (2009) 953–
Bandura, A., & Adams, N.E. 1997. Analysis
of Self-Efficacy Theory of
Behavioral Change. Cognitive
Therapy and Research, VoL 1, No.
, 1977, pp. 287-310
Hadi, S. 2017. Pendidikan matematika
Realistik Teori, Pengembangan, dan
Implementasinya. Jakarta: Rajawali
Pers
Sapta, A., Syahputra, E. & Hamid K., A.
The Use of Reward in
Improving Self-Efficacy. Advances
in Social Science, education and
Humanities Research, 2nd Anuual
International Seminar on
Transformative Education and
Educational Leadership. 104: 99 –
Sapta, A. 2018. Use of Edmodo In
Improving Self-Efficacy. Prosiding
Universitas Medan Area, 1(1).
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian
kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. 2014. Metodologi Penelitian.
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zakaria. E., & Syamaun. M. 2017. The
Effect of Realistic Mathematics
Education Approach on Students’
Achievement And Attitudes
Towards Mathematics. International
Scientific Publications and
Consulting Services (ISPCS).
Mathematics Education Trends and
Research, 2017, No.1, 32-40
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v3i1.305
Refbacks
- There are currently no refbacks.