PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian regresi dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Cinta Rakyat 2 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan mengambil satu kelas sebagai sampel melalui teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket atau kuesioner dengan menggunakan skala Likert yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data analisis menggunakan rumus regresi sederhana. Hasil penelitian pada taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh postif dan signifikan antara model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa, dengan perolehan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,8017, dan Hasil perhitungan uji t diperoleh thitung sebesar 4,71.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v7i1.2788
Refbacks
- There are currently no refbacks.