EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN VIA WHATSAPP TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI LOGIKA
Abstract
Abstract
This study ass to describe the effectrvencss of students in solving logic problems ia terms of the mathematical communication skills of students in class X1 of SMA Swadaya in Academic Year 2020 / 2021 . the subjek of the study are 14 student of class X1 of private High School in Academic Year 2020/2021.The instrument in this research are 3 essay questions which refers to indicators of mathematical communication skills. Determination of the sample is done using the total , Sampling technique, Based on the results of data processing, 12 students (85,7%) are belonged to “Hight" category because they are able to complate the three indicators of mathematical communication skills hingt, and 5 students (14,2%) are in medium Category, because they are sbic to complete the three indicators of mathematical communication ability well but are wrong in writing symbols.
Keywords: Mathematical Logic, Mathematical Communication Skills, WhatsApp Media.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikann keefektifan siswa dalam menyelesaikan soal logika ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas XI SMA Swasta SwadayaTahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah 20 siswa kelas X1 SMA Swasta Swadaya Tahun Ajaran 2020/2021. Instrumen soal yang digunakan dalam penelitian ini berupa 3 butir soal berbentuk essay yang mengacu pada indikator kemampuan komunikasi matematis. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Total Sampling.Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh sebanyak 12 siswa (85,7%) termasuk dalam kategori “Tinggi” karena mampu menyelesaikan ketiga indikator kemampuan komunikasi mmatematis tersebut dengan sangat baik, dan 5 siswa (14,2%) termasuk dalam kategori “Sedang” karena mampu menyelesaikan ketiga indikator kemampuan komunikasi mmatematis tersebut dengan baik namun salah dalam menulis simbol.
Full Text:
PDFReferences
Andini, D. M., & Supardi, E. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9450
Auliya.2016. Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Of Islamic Edication, 2(1), 2715-2820.
Afifatu.(2015).Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Teamwork . Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 2302-0296.
Andini, D.M., dan Supandi, E.(2018). Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektifitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3 : 1-7
Bilfaqih, Y., Qomarudin, M.N., (2015) Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: DeePublish.
Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843–850. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1334
Hendrianaet al.2017. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis siswa Smp Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v6i2.2514
Refbacks
- There are currently no refbacks.