Pembelajaran Konsep Peluang Berbantuan Video Pembelajaran
Abstract
Pandemi virus corona (covid-19) memberikan dampak yang cukup besar pada dunia pendidikan. Pembelajaran dari rumah secara daring membuat pendidik dan peserta didik mengalami masalah khususnya dalam proses pemahaman konsep-konsep pembelajaran yang abstrak, seperti matematika. Pendidik membutuhkan berbagai inovasi agar pembelajaran dapat berjalan maksimal dan efektif. Salah satu cara yang dilakukan oleh pendidik adalah dengan memberikan video pembelajaran. Namun kondisi tersebut juga dirasa belum terlalu efektif karena isi video belum maksimal menjelaskan konsep. Untuk itu dibuat video pembelajaran pada materi peluang yang memuat tidak hanya konsep dasar, tetapi juga contoh dan latihan soal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbantu video pada materi peluang dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 13 peserta didik kelas VIII di SMP Islam Terpadu Al Uswah Banyuwangi. Instrumen bantu yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes yang digunakan untuk mengetahui pemahaman peserta didik setelah dilakukan pembelajaran berbantu video. Video pembelajaran pada penelitian ini hanya memberikan efek 26,9% peserta didik yang dapat menyelesaikan soal dengan proses dan hasil yang benar. Namun diketahui pula bahwa 53,85% peserta didik dapat menentukan titik sampel dengan menggunakan diagram pohon atau tabel dan 76,92% peserta didik dapat menyelesaikan soal dengan rumus peluang menggunakan ruang sampel dan titik sampel yang telah ditentukan sebelumnya. Artinya beberapa proses telah dapat dipahami oleh peserta didik dengan baik melalui video pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Andriani, S., Sunismi, & Fuady, A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Realistik pada Materi Aritmatika Kelas VII SMP. JP3 14 (7) , 77-83.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 2 (1) , 47-66.
Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videosribe. JURNAL GANTANG IV (2) , 177-182.
Fitriana, L., Hariastuti, R. M., Supahmi, N. P., & Maulida, R. F. (2021). Rectangular learning through video, is it effective during the Covid-19 pandemic? Journal of Science and Education 1 (2) , 48-59.
Geatovani, G. (2020, Maret 17). Virus Corona Melanda, Siapkah Kita Menghadapinya? Retrieved Mei 6, 2020, from suara.com: https://www.google.com/amp/s/amp.suara.com/yoursay/2020/03/17/115440/virus-corona-melanda-siapkah-kita-menghadapinya
Gusmania, Y., & Wulandari, T. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. PYTHAGORAS 7(1) , 61-67.
Hanah, R., Muhsetyo, G., & Sisworo. (2016). Penggunaan Bahan Manipulatif untuk Memahamkan Materi Peluang pada Siswa SMP dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 1 (5) , 927-939.
Hutahaean, L. G., Sutawidjaja, A., & Susanto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Melalui Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Jurnal Pendidikan 1 (4) , 608-616.
Ilsa, A., Farida, & Harun, M. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi PowerDirector 18 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 5 (1) , 288-300.
Karimah, A. A., Rusdi, & Fachruddin, M. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Animasi Berbasis Multimedia Interaktif Model Tutorial Pada Materi Garis dan Sudut untuk Siswa SMP/MTS Kelas VII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah 1 (1) , 9-13.
Lalian, O. N. (2019). The Effects of Using Video Media in Mathematics Learning on Students Cognitive and Affective Aspects. The 9th International Conference on Global Resource Conservation (ICGRC) and AJI (pp. 1-4). AIP Publishing.
Miarso, Y. (2011). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: PT. Diva Press.
Muna, H., Nizaruddin, & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash 8 dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Program Linier Kelas IX. Aksioma 8 (2) , 9-18.
Musfiqon, M. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka Raya.
Novita, M. D., Muchlis, E. E., & Yensi, N. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Materi Segitiga untuk Siswa Kelas VII SMPN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah 2 (1) , 83-89.
Putridayani, I. B., & Chotimah, S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami Soal Cerita Matematika pada Materi Peluang . Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 3 (6) , 671-678.
Riayah, S., & Fakhriyana, D. (2021). Optimalisasi Pembelajaran dalam jaringan (Daring) dengan Media Pembelajaran Video Interaktif Terhadap Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika 4 (1) , 19-30.
Rosiyanti, H., Adriansyah, A. F., Widiyasari, R., & Dewi, N. S. (2020). Analisis Persepsi Peserta didik Terhadap Video Pembelajaran Matematika Kelas VIII Pada Masa Pandemi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (pp. 1-11). Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Susanto, L. A., & Yudanti, E. (2020). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP pada Konsep Operasi Bilangan Bulat. Jurnal PRIMATIKA 9 (2) , 101-110.
Zainudin, M., Utami, A. D., & Noviana, S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Peluang Ditinjau dari Koneksi Matematis. Suska Journal of Mathematics Education 7 (1) , 41-48.
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v6i1.2310
Refbacks
- There are currently no refbacks.