PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUKUBANYAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM BERBANTUAN APLIKASI MAPLE

Andy Sapta

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar matematika pada materi suku banyak  melalui penerapan model pembelajaran quiz team berbantuan sofware maple dan model pembelajaran student teams achievement division berbantuan aplikasi maple.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 B.P. Mandoge. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas eksperimen (model quiz team berbantuan aplikasi maple) dan satu kelas kontrol (model student teams achievement division berbantuan aplikasi maple). Tenik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik claster random sampling. Instrumen penelitian berupa tesuraian yang diberikan saat pretest dan postest. Dari data penelitian diperoleh thitung>ttabel (7,28> 1,99). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi suku banyak yang diajarkan melalui model pembelajaran quiz team berbantuan software maple lebih tinggi dari hasil belajar siswa pada materi yang diajarkan melalui model pembelajaran student teams achievement division berbantuan sofware maple.

 

Kata kunci: quiz team, student teams achievement division, sukubanyak

 

 


Full Text:

PDF

References


Nurdin, M.2005.Pendidikan yang Menyebalkan.Yogyakarta: Ar-Ruzz

Sapta, A., 2017. PengaruhPenggunaan Quiz Creator TerhadapHasilBelajarMatematikaSiswa. Jurnal Mathematics Paedagogic, 1(1), pp.91-96.

Sapta, A., 2016. Publication of The Assessment Learning Outcomes Through Social Media. In The 1st Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Learship (pp. 480-483).

Sapta, A., PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER.

Rosyada, D.2004.ParadigmaPendidikanDemokratis. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.