STRATEGI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA KULIAH METODE NUMERIK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di universitas sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metode numerik. Penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelasdengan 2 siklus. Setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas 3C Teknik Informatika Universitas Islam Lamongan yang berjumlah 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di universitas memerlukan persiapan dan strategi yang matang. Strategi-strategi yang dilakukan antara lain pemilihan materi yang cocok untuk model jigsaw, pembentukan kelompok asal yang homogen agar terbentuk kelompok ahli yang heterogen, pemahaman karakteristik mahasiswa, pendampingan selama proses diskusi di kelompok asal dan ahli, dan tambahan sumber belajar. Penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang tepat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Strategi,Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Full Text:
PDFReferences
Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: ARRUZZ Media.
Hudojo, Herman. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM PRESS.
Jailani, M. S., & Hamid, A. (2016). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)). Nadwa. JurnalPendidikan Islam Vol. 10, Nomor2, 175-192
Liando, M. R. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Cisoc (KajianRumpun Pendidikan Ilmu Sosial)Volume 1 No. 01, 77 - 88.
Martinis, Yamin. (2013). Strategi danMetode dalam Model InovasiPembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press Group.
Miaz, Y. (2015). Improving Students’ Achievement of Social Science By Using Jigsaw Cooperative Learning Model at Primary School. IOSRJournal of Research & Method inEducation Volume 5, Issue 4 Ver. II(Jul - Aug. 2015), 01-07
Rochiati, Wiriaatmadja. (2008). Metodepenelitian tindakan kelas untukmeningkatkan kinerja guru dandosen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slavin, R. E. (2014). Instruction based on cooperative learning. Baltimore, Maryland, US: Johns Hopkins University.
Solihatin, E. & Raharjo. (2008). Cooperative learning analisis modelpembelajaran ips. Jakarta: Bumi Aksara.
Widayanti, L., & Hakim, L. 2017. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw SebagaiUpaya Pendidikan Karakter Pada MatakuliahOperation Research. Jurnal Matematika dan Pendidikan MatematikaVol. II No. 1 Maret.
Widiastini, M., Kusmariyatni, N., & Arini, N. W. (2014). Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS Siswa kelas V. JournalMimbar PGSD UniversitasPendidikan Ganesha JurusanPGSD Vol: 2 No: 1.
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.214
Refbacks
- There are currently no refbacks.