MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Elfira Rahmadani

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bangun ruang sisi datar melalui model pembelajaran Artikulasi pada kelas VIII MTs Swasta Al Washliyah Meranti berjumlah 33 orang. Model pembelajaran Artikulasi adalah suatu model pembelajaran yang membuat siswa menjadi aktif dan berani mengutarakan pendapatnya, dimana siswa dibentuk menjadi kelompok berpasangan yang masing-masing siswa dalam kelompok tersebut mempunyai tugas mewawancarai teman kelompoknya tentang materi yang baru dibahas, sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika khususnya dalam memecahkan masalah. Penelitian ini dilkukan sebanyak dua siklus. Sebelum pemberian tindakan (pretest) 8 siswa (24,24%) telah mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus I diperoleh 24 siswa (72,73%) telah mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II diperoleh 29 siswa (87.88%) telah mencapai ketuntasan belajar. Terbukti terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa kelas VIII MTs Swasta Al Washliyah Meranti melalui model pembelajaran Artikulasi dari siklus I (72,73%) ke siklus II (87.88%) sebanyak 15,15%.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Artikulasi, Hasil Belajar Matematika


Full Text:

PDF

References


A.Bakar, Rosdiana. 2009. Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: Citapustaka Media Perintis

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Rusma. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Winger, Win. 2004. Beyond Teaching & Learning: memadukan quantum teaching & learning. Bandung




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.