PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Nilam Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran kooperatif dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen(eksperimen semu). Populasi penelitian ini siswa SMPN 1 Takengon dan sampel diambil secara acak dengan teknik Cluster random sampling, terpilih 2 kelas yang akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi. Analisis statistik data dilakukan dengan analisis uji-t.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa : tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif dengan pembelajaran konvensional.

Kata kunci : Komunikasi Matematika, Kooperatif, Konvensional


Full Text:

PDF

References


Ansari, B.I. 2009. Komunikasi Matematik Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh. Yayasan Pena.

Baroody, A.J. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Kominicating, k-8. Healping Children Thing Mathematically. New York : Merril, an Inprint of Macmillan Publishing, Company.

National Council of Teacher of Mathematics. 1989. NCTM Curriculum and Evaluation Standards for school mathematics. [on-line]. http://www.nctm.org/focalpoints [21 Juli 2011]

PISA. (2009). Programme for International Student Assesment. [Tersedia online] (http://p4mri.net/new/?p=338) [diakses 6 Pebruari 2012]

Imelda. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan Media Software Autograph Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman Matematik Siswa. Tesis tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana Unimed Medan.

Sribina, Nuraini. 2011. Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Tanpa Autograph. Tesis tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana Unimed Medan




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.