PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN AUTOGRAPH
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model pembelajaran Inkuiri berbantuan Autograph dan siswa yang memperoleh model pembelajaran Ekspositori berbantuan Autograph, (2) Interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang dan rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa, (3) Perbedaan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model pembelajaran Inkuiri berbantuan Autograph dan siswa yang memperoleh model pembelajaran Ekspositori berbantuan Autograph (4) Interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang dan rendah) terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Pematangsiantar, analisis data yang digunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematik dan kemandirian belajar siswa antara siswa yang memperoleh model pembelajaran inkuiri berbantuan Autograph dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori berbantuan Autograph, (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran yang digunakan dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komuniksi matematik siswa dan kemandirian belajar siswa.
Kata kunci: inkuiri, ekspositori, autograph, komunikasi matematis, kemandirian belajar
Full Text:
PDFReferences
Dahar, R.W. 2006. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga
Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masa-lah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Edisi Khusus No. 1, Agustus 2011. ISSN 1412-565X. Tersedia : http://jurnal.upi.edu/file/8-Fachrurazi.pdf [09 agustus 2015]
Fahradina, N. Ansari, B., dan Saiman. 2014. Peningkatan Kemam-puan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggu-nakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika. I(1).
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
NCTM. 2000. Principles and standards for school mathematics. Virginia: United States of America.
Pintrich, Paul R., dan Elisabeth V.D.G. 1990. Motivational and Self-regulated Learning Com-ponents of Classroom Aca-demic Performance. Journal of Educational Psychology.
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Pro-gresif, Konsep, Landasandan Implementasinya pada Kuri-kulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uno, H.B. 2008. Perencanaan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v1i1.155
Refbacks
- There are currently no refbacks.