GESTURE MAHASISWA SELAMA PROSES DISKUSI DALAM MEMPERBAIKI KESALAHAN KONSEP PEMECAHAN MASALAH KALKULUS

Nur Qomariyah Nawafilah, Ayu Ismi Hanifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gesture mahasiswa selama proses diskusi dalam memperbaiki kesalahan konsep pemecahan masalah kalkulus serta untuk mengkaji jenis-jenis geture yang mereka digunakan untuk memperbaiki kesalahan konsep tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Data yang diperoleh dideskripsikan berdasarkan keadaan yang sebenarnya selanjutnya dilakukan analisis data secara induktif dan dilakukan pencocokan dengan teori yang ada sehingga diperoleh karakteristik variasi gesture yang digunakan mahasiswa dan peranan gesture dalam memperbaiki kesalahan konsep matematika.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa gesture yang digunakan oleh mahasiswa berkemampuan tinggi selama proses diskusi dapat memperbaiki kesalahan konsep pemecahan masalah kalkulus yang dilakukan oleh mahasiswa berkemampuan sedang dan rendah. Jenis-jenis gesture yang digunakan oleh mahasiswa berkemampuan tinggi dalam memperbaiki kesalahan konsep mahasiswa berkemampuan sedang dan rendah selama proses diskusi antara lain adalah: gesture menunjuk, gesture menulis, dan gesture representasional. Ketiga jenis gesture ini dapat membuat mahasiswa yang berkemampuan sedang dan rendah lebih mudah memahami bahasa dan informasi yang disampaikan.

Full Text:

PDF

References


Alibali, M.W. & Nathan, M.J. 2011. Embodiment in Mathematics Teaching and Learning: Evidence from Learner’s and Teahcer’s Gestures. The Journal of The Learning Sciences. Hal: 247-286

Andra, C. 2010. Gestures and Style of Communication: Are They Intertwinned. Proceeding of CERME 6. January 28th-February 1st 2009. Lyon, France. Hal: 1724-1733.

Becvar, A., Hollan, J., & Hutchins, E. 2008. Representational Gestures as Cognitive Artifacts for Developing Theories in a Scientific Laboratory. Ackerman, M.S., (eds) Resources, CoEvolution and Artifacts: Theory in CSCW. Hal: 117-143.

Bray, W. S. 2011. A Collective Case Study of the Influence of Teachers’ Beliefs and Knowledge on Error-Handling Practice During Class Discussion of Mathematics. Journal of Research in Mathematics Educations, 42 (1): 2- 38.

Cartmill, E.A., Beilock, S. & Goldin-Meadow, S. 2012. A Word in The Hand: Action, Gesture and Mental Representation in Humans and Non-Human Primates. Philosophical Transaction of The Royal Society B, 367:129-143.

Cook, S, W & Goldin-Meadow, S. 2006. The Role of Gesture in Learning: Do Children Use Their Hands to Change Their Minds? Journal of Cognition and Development, 7(2), 211–232.

Hostetter, A.B. & Alibali, M.W. 2008. Visible Embodiment: Gestures as Simulated Action. Psychonomic Bulletin & Review. 15 (3): 495-514

Hudojo, H. 2005. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Kastolan. et. al. (1992). Identifikasi Jenis-Jenis Kesalahan Menyelesaikan Soal-Soal Matematika yang Dilakukan Peserta Didik Kelas II Program A1 SMANegeri Se-Kotamadya Malang. Malang: IKIP Malang.

LACOE (Los Angeles Country Office of Education). 2004. Communication. (Online) (http://teams.lacoe.edu/documentation/classrooms/amy/algebra/56/teacher/guide/commun.html), diakses 28 Maret 2014.

McNeill, D. 1992. Hand and Mind: What Gesture Reveal about Thought. Chicago: Chicago University Press.

Núñez, R, E. 2004. Embodied Cognition and The Nature of Mathematics: Language, Gesture, and Abstraction. Mathematical Representation at the Interface of Body and Culture (pp. 309-328). Charlotte NC: IAPInformation Age Publishing. (Online) (http://www.cogsci.ucsd.edu/~nunez/web/CogSci04_paper.pdf).

Soedjadi, R. 2000. Kiat pendidikan matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Diknas.

Thompson, J.M. (2014). Teachers’ Perceptions of Other Teachers’ Spontaneous Hand Gesturing in The EFL Classroom. Novitas-ROYAL (Research on Youth and Language), 8(2), 119-135.

Wilson, J. A. R. 2008. Psychologycal Foundation of Learning and Teaching. New York: McGraw-Hill Book Company.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v5i1.1450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.