PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa pada materi ruang dimensi tiga dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Skor rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model group investigation adalah 85,6 dan tipe jigsaw adalah 82,8667. Dari hasil analisis uji normalitas hasil belajar siswa untuk model group investigation =0,11245 < = 0,161, dan tipe jigsaw = 0,138 < = 0,161. Dari uji homogenitas hasil belajar diperoleh = 1,35 < = 1,60. Dari uji hipotesis diperoleh = 2,6344 > = 1,671, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunaka model group investigation lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran tipe jigsaw.
Kata kunci: Model Group Investigation, Jigsaw, Ruang Dimensi Tiga
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Marwanta, 2009. Matematika untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Yudhistira.
Rusman, 2011 Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Innovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukmawarti, 2012. Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika. Medan.
Suprijono, 2009. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyanto, & Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga.
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v1i2.145
Refbacks
- There are currently no refbacks.