ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA PADA MATA KULIAH STATISTIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalis kesulitan belajar mahasiswa fakultas ekonomi Univeristas Prima Indonesia pada mata kuliah statistiK. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 240 responden yang merupakan mahasiswa jurusan Akuntansi Universitas Prima Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang berupaya untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan persoalan statistik. Dalam penelitian ini, Instrumen penelitian dalam mengumpulkan informasi melalui analisi tes diagnostik, lembar persentase kesulitan belajar dan wawancara dengan mahasiswa. Letak kesulitan belajar mahasiswa dilihat berdasarkan kesalahan yang dibuat dalam menyelesaikan tes diagnostik. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesulitan belajar dalam mempelajari statistik terletak pada kemampuan matematis dasar. Dengan demikian, pengajar perlu mengembangkan strategi pembelajaran sehingga kemampuan berpikir mahasiswa dalam memecahkan masalah semakin meningkat motivasi belajar mahasiswa yang akan menghasilkan tingkat pemahaman yang tinggi dan dapat menggunakan software yang memudahkan dalam pengujian suatu penelitiansehingga nantinya mahasiswa suka dan terbiasa untuk mengolah data dalam suatu penelitian
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Amadi, A & Supriyono, W. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arnita. 2015. Pengantar Statistika. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Arsya, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta. Creswell,
Sembiring, M. A., Sibuea, M. F. L., & Sapta, A. (2018). Analisa Kinerja Algoritma C. 45 Dalam Memprediksi Hasil Belajar. JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH, 1(1), 73-79.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Partowisastro, K. (1986). Diagnosa dan pemecahan kesulitan belajar 1. Jakarta: Erlangga.
Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. 2016. Analisis kesulitan belajar kimia siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan.
Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA (JPPI), 2(1): 18-29. Sugeng. 2014. Korelasi kemampuan matematika dan fisika terhadap prestasi belajar mahasiswa teknik elektro D3 UNISMA.
JREC (Journal of Electrical and Electronics), 2(1). Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Khiat, H. 2010. “A Grounded Theory Approach: Conceptions of Understanding in Enginering Mathematics Learning.” The Quantum Report. 15, pp. 1459-1488.
Purwanto, Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sukardi. 2003. Metodologi penelitian pendidikan (kompetensi dan praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara.
Suryani, Y.E. 2010. Kesulitan belajar. Magistra, No. 73 Th. XXII.
Umar, T., & La Sulo, S., L. 2012. Pengantar pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN).
Yulia, R. 2012. Analisis kesalahan mahasiswa matematika dalam menyelesaikan soal-soal logika. Jurnal Phenomenon, 2(1):
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v5i1.1424
Refbacks
- There are currently no refbacks.