Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi statistika. Penelitian ini merupakan suatu penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kls XII SMK Taruna Tekno Nusantara. Sampel penelitian kelas XII TKJ2. Instrumen yang digunakan adalah tes, selanjutnya data dianalisis dengan uji t (thitung). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh diperoleh thitung = 2,694 > ttabel = 2,03 pada taraf signifikansi dengan membandingkan antara thitungdan ttabel atau 2,694 > 2,03. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realisitk , Hasil Belajar Matematika
Full Text:
PDFReferences
Azhar,A.2012.MediaPembelajaran.Jakarta:Raja Grafindo Persada
Oemar,H.2011.Media Pendidikan.Bandung:Citra Aditya Bakti
Ridwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta
Sutarto. H. 2017. Pendidikan Matematika Realistik : Teori, Pengembangan, dan implementasinya. Jakarta:Kencana
Supardi, U. S. (2012). Pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar
Syahputra, E. (2013). Peningkatan kemampuan spasial siswa melalui penerapan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3)
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v5i1.1331
Refbacks
- There are currently no refbacks.