PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Matriks di Kelas X SMK Negeri 1 Pulau Rakyat. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Pada pengujian normalitas didapat dengan menggunakan uji Lilliefors untuk kelompok eksperimen diperoleh Lo < Ltabel yaitu 0,0859 < 0,161 dan pengujian normalitas data dengan menggunakan uji Lilliefors untuk kelompok kontrol diperoleh Lo < Ltabel yaitu 0,0689 < 0,161 maka dapat disimpulkan bahwa data kelompok kontrol berdistribusi normal. hasil perhitungan = 1,99 dan = 1,67, maka > sehingga diolak dan diterima, hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share memiliki hasil belajar matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.
Full Text:
PDFReferences
Paini, (2013). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Model Think Pair Share. Jurnal mathematics Paedagogic, III, (2): 115-123
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Dimyati, Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulim 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan(Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara
Suprayetno, (2010). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Dengan Pendekatan Investigasi. Jurnal Mathematics Paedagogic, I (1): 53-67
Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning Teori dan Apilaksi Paikem. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i1.123
Refbacks
- There are currently no refbacks.