PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMK - SPP NEGERI ASAHAN
Abstract
Tujuan penelitian dalam desain Quasy Eksperimen ini mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK SPP Negeri Asahan Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X BUN B dilakukan penelitian dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan X BUN A dilakukan penelitian dengan model pembelajaran konvensional.Dari pengujian yang dilakukan diperoleh nilai rata – rata postes pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) adalah 85,94 dengan simpangan baku 11,03. Sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 67,19 dengan simpangan baku 10,54. Dari uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji dua pihak didapat bahwa ditolak dan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Logika Kelas X SMK-SPP Negeri Asahan Tahun Ajaran 2015/2016.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2011). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan ( Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar.(2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo
Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan: Media Persada.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Surabaya : Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i1.122
Refbacks
- There are currently no refbacks.