PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN SELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DI SMP N 4 PADANGSIDIMPUAN

Dwi Putria Nasution

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk melihat: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan realistik lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (2) Peningkatan self-efficacy siswa yang diajar dengan Pendekatan realistik lebih baik daripada self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) Interaksi antara pembelajaran dengan gender terhadap kemampuan komunikasi matematis, (4) Interaksi antara pembelajaran dengan gender terhadap self-efficacy siswa, (5) Respon siswa terhadap matematika dengan menggunakan pendekatan realistik. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 1 Padangsidimpuan. Analisis data dilakukan dengan uji ANAVA 2 jalur.


Full Text:

PDF

References


Nuryoto, S. 1998. Perbedaan Prestasi Akademik antara Laki-laki dan Perempuan Studi di Daerah Yogyakarta. Jurnal Psikologi, No. 2. ISSN: 0215-8884.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif:Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Pajeras, F. 2003. Self- Efficacy Belief, Motivation, and Achievement in Writing: a Reviewof The Literature. Atlanta: Emory University.

Hasratuddin. 2010. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistic. FMIPA Unimed. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 4 No. 2.

Kemendikbud. 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i1.121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.