Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Stad Berbantuan Sofwareautograph Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi siswa pada masing-masing pembelajaran (2)Apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi siswapada masing-masing pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh SMP/MTs yang berakreditasi A di kota Padangsidimpuan.Secara acak dipilih dua sekolah sebagai subjek penelitian yaitu SMPN 1 dan SMP Nurul Ilmi. Kelas eksperimen diberikan perlakuan pendekatan kooperatif tipe STAD berbantuan software Autograph dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran biasa berbantuan software Autograph. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan komunikasi dinyatakan telah memenuhi syarat validatas dan reliabilitas sebesar 0,73.Temuan penelitian menunjukkan bahwa:(1) Nilai thitung = 10.1 > ttabel = 2.019 artinya terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa pada masing-masing pembelajaran (2) Nilai Sig N_gain kemampuan komunikasi =0.006< 0.05 maka terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa pada masing-masing pembelajaran, (3) Proses penyelesaian jawaban siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang menggunakan software Autographlebih bervariasi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa menggunakan software Autograph.
Full Text:
PDFReferences
Ansari, B.I. 2009. Komunikasi Matematik. Banda Aceh: Yayasan Pena.
Ansari, B.I. 2016. Komunikasi Matematik. Banda Aceh: Yayasan Pena.
Isjoni. 2009. Cooperative learning. Bandung: Alfabeta
National Council of Teachers of Mathematics (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. VA: NCTM Inc.
Russefendi (1998).Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Penyajian untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Van de Walle, J.A. 2008. Pengembangan Pengajaran Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Edisi Keenam Jilid I. Jakarta: Erlangga.
DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v5i1.1200
Refbacks
- There are currently no refbacks.